Kamis, 07 Januari 2016

Cara Menggambar Manga bagi Pemula

Sebelum menciptakan Komik, ada beberapa taktik penting yang harus dipahami secara masak oleh Komikers. Berikut ini adalah tahapan alias langkah terpadu yang kudu dipahami sebelum membuat komik, antara lain:

1. Mempersiapan alat dan bahan

Siapkan alat serta bahan yang dibutuhkan bagi membuat komik sesuai beserta teknik apa-apa yang bakal kita gunakan, yaitu cara tradisional, hybrid dan internet online

6236894688121091964.png

2. Menciptakan Skenario

Diantaranya film, komik memerlukan skenario. Berupa tulisan, skenario merupakan hal yg menjabarkan ideologi dasar, tali air cerita, pergeseran, penggarapan setiap karakter, latar belakang, tokoh, terlintas menggambarkan lokasi kejadian. Tambah detail serta lengkap skenario komik, semakin mudah ilustator menuangkannya dalam bentuk visual.

3. Mengatur Storyboard

Storyboard Cara menggambar manga untuk pemula adalah alat bantu utk menyalurkan suara cerita kedalam bentuk tampak. bentuknya berbentuk panel - panel bergambar berisi visualisasi adegan dr skenario. Untuk pembuatan storyboad awal, awak tidak perlu menggambar super bagus. Yang penting tentu lewat rang dan gak menyimpang.

4. Membuat Sinopsis

Wujudnya tidak jauh berbeda menggunakan storyboard. Sketsa menerjemahkan storyboard menjadi foto yg semakin bagus & detil. Siap 2 cara untuk membuat sketsa: secara manual menggunakan menggambar tepat sketsa diatas kertas, / menggunakan tablet grafik sebaiknya sketsa langsung tersimpan ke PC.

5. Meninta Gambar

6236894702241668428.jpg

Sketsa perlu di pertegas dengan metode penintaan yang pada dasarnya tidak sama dengan mode mewarnai. Ada 2 orang proses inking (penintaan). Apabila dilakukan berdasar pada manual, mode inking diperlukan untuk mempertebal kertas tata (sebelum dipindai dengan scanner, jika memakai cara hybrid). Fungsinya supaya detail tulisan terlihat lebih jelas tatkala dipindai dan disimpan kedalam PC. Seleksi lainnya, kmu juga siap melakukan proses inking berdasar pada digital beserta memanfaatkan tablet grafik.

6. Mewarnai komik

Mewarnai komik merupakan tahap yg sempurna penting dalam pembuatan komik kamu siap mewarnainya secara manual atau pun digital. Resep berarti mewarnai secara langsung menggunakan potlot warna, crayon, tinta ataupun cat lukis dan alat pewarna lain, sedangkan cara digital dengan memanfaatkan beberapa software diantaranya Adobe photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW, alias Corel Painter.

7. Menjadikan Output

Komik karya awak bisa tatkala cetak, ditampilkan secara online, atau disimpan kedalam watak PDF. apabila kamu inign memamerkan komik secara online, ubah paham komik menjadi JPG, PNG, GIF / TIFF menggunakan resolusi 72 dpi (dot per inch). Untuk kebutuhan cetak, ubah resolusinya jadi 300 dpi. Beberapa software sudah menyediakan fasilitas untuk konversi. Peralatan pada subbab-subbab sebelumnya terkait dengan pengertian pembuatan komik, untuk lalu kemudian pada subbab kali ini akan dibahas menggoleng contoh cara membuat komik (lebih tepatnya hanya berona karakter komik).

Pembuatan watak komik dibawah ini ialah contoh metode membuat komik yang menggunakan cara Hybrid (Gabungan cara tradisional & Digital). Peralatan yang dimanfaatkan antara lain pensil, kertas, penghapus, drawingpen (optional), scanner, seperangkat komputer beserta software Adobe Photoshop.

referensi:
http://caramenggambar.net/cara-menggambar-manga-lengkap-beserta-gambar/
 https://id.wikipedia.org/wiki/Komik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar