Kalau motor sudah start rewel, amat nyebelin! Non buru-buru mendakwa
motor Kita, bisa jadi Andalah yang tenang merawat motor. So bukan ada
salahnya mengintip trik merawat motor berikut!
Melihat Kondisi Oli
Oli
perangkat ini luar biasa penting peranannya untuk melumur(kan)
komponen-komponen perangkat, seperti stang seher, seher, dan cincin
seher, kruk as & noken as atau stang klep. Apabila keberadaan minyak
pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau plastisitas daya lumasnya
berkurang, dipastikan sebaiknya diganti. Ganti oli secara regular dan
manfaatkan sesuai menggunakan rekomendasi pabrikan.
Cek Kondisi Aki
Tanpa
biarkan air accu menjalani batas maksimum dan minimum yang kesudahannya
bisa menggiat kerusakan saat sel-sel accu. Tambahkan emak pada pagi
hari.
Non biarkan baterai atau accu yang telah mulai padam,
segeralah menggantinya, bukan masalah baik apabila anda senantiasa
memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan
negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) dengan akan terbetik ke
bagian kabel-kabel terpenting yang mengaitkan arus listrik ke saluran
lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Bila memang viar motor
anda mengalami hal ini, arus listrik yang dihantarkan baterai alias
accu gak sempurna akan menyebabkan keburukan pada bagian dinamo,
langsung mesin atau pun switch salang. Satu masalah yang kudu
diperhatikan jika accu telah lemah atau tidak siap di starter dan
distarter, jangan menghasut mendorong skuter untuk menghidupkannya sebab
seharga akan negatif gigi transmisi.
Periksa Ikatan dan Gir
Jangan
biarkan rantai terlalu kendor, ataupun terlalu lantang. Terlalu kendor
bisa menghasilkan rantai terpacul dari girnya, sementara terlalu kencang
dapat mengakibatkan sirna rantai. Kontrol juga penetapan gir, jika
sudah patut segera tiru karena apabila tidak kaitan bisa tiba-tiba
putus. Musibah kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba kandas rantai?
Kontrol Kabel Sepul dan Melukut
Perhatikan
presensi kabel koil yang mengaitkan arus listrik ke melukut. Cepat tiru
kabel secara kelihatannya sudah cukup umur juga banyak wujud keretakan
dan pengerasan di kabel. Tanpa lupa pandang keberadaan melukut karena
temukut sangat fundamental untuk kemajuan sebuah perangkat kendaraan.
Liat Selang Bensin
Selang
kerosin ke karburator juga merupakanm komponen yg layak diperhatikan.
Jangan menoleransi kondisi pada waktu bensin meningkat atau terjadi
retakan-retakan, olehkarena itu bagian dalam selang takut-takut sudah
tidak elastis serta mengakibatkan puyer kotoran secara berasal dari
selang tercemplung ke karburator. Pada akhirnya akan berlangsung
penyumbatan suplai bensin dari tanki di karburator sehingga mengganggu
orde pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan
mesin sebelum motor dilakoni, tak perlu lama-lama pas 1-2 menit agar
sirkulasi oli mampu melumasi semua bagian pada mesin dengan bergerak.
Jangan terlalu lambat memanaskan plus akan menghasilkan pipa knalpot
menguning selain itu Anda pasti bukan mau buang-buang bensin khan?.
Periksa tolakan angin kolom
Jangan terlalu keras & juga tidak kurang karena bisa berpengaruh kembang ban motor tua.
referensi :
sepeda-motor.info/hal/viar
https://id.wikipedia.org/wiki/Motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar