Jumat, 30 Oktober 2015

Zippo, Pemantik api Tahan Udara

Siapa sih yang tidak mengenal Zippo? Korek Api lulusan Amerika terkait sangat beken di seluruh jagat. Perokok bahkan Non Perokok pasti menyidik tentang pemantik api yang beken ini.

Zippo awalnya diciptakan tahun 1932 di Bradford, Pennsylvania sambil George G. Blaisdell. Identitas Zippo seorang diri berasal mulai kata Zipper (retsleting) yang diplesetkan memerankan Zippo. Zippo pertama didunia ini dijual seharga US$. 1. 95 dan dijual untuk biasa. Pada pertikaian dunia II, Zippo memerankan korek api formal tentara Amerika, dimana pemantik api ini besar sangat longgar dan bermanfaat di segala medan tempur.

Pada ketika perang ini, jual zippo sanggup digunakan guna memasak sediaan tentara yg di letakkan di helm, menyalakan api unggun, untuk sekering dalam memicu bakal peledak, memartil paku & bahkan peringatan kepada sesama tentara dgn klik Zippo yang besar. Pada kaum kesempatan, Zippo yang rendah di baju atau pisah celana bahkan menyelamatkan vitalitas dengan menyingkirkan peluru.

Pencolek api Zippo tak memerlukan benda bakar pribadi, bahkan siap diisi dengan bensin, benih bakar yang mudah ditemui di variasi daerah sehingga benar sah sangat efektif untuk dimanfaatkan. Pada waktu pertikaian dunia II ini, Zippo secara maksimum mendukung maksud tentara Amerika dan tidak membuat pemantik api untuk pasar umum. Tapi setelah permusuhan selesai. Zippo kembali memproduksi korek api buat umum.

Dgn model tertentu ini, Zippo berhasil menjadi sebuah icon di Amerika bahkan wilayah. Model secara simple juga dapat diisi ulang dgn keawetan & daya tahannya terhadap angin, membuat desain dari korek api ini bersitegang sampai sekarang. Dengan sangat terkenal dari korek ini ialah suara "Kling" nya. Titah ini terdengar pada kala membuka tutup Zippo tatkala hendak menghidupkannya.



Bahkan teknik bermain Zippo atau trik menyalakan zippo dengan beraneka ragam gaya yang seru sangat banyak jumlahnya & dapat tampak di Youtube. Variasi yang dikembangkan dibanding korek api ini saat ini biasanya hanyalah gambar, warna dan tekstur, adapun bentuk dasarnya tidak menyesar, namun pada tahun 2007 zippo memunculkan variasi baru yang dikenal Zippo Blu, dimana material bakar dengan digunakan adalah Butana atau sejenis gas yang mana akan memancarkan api biru.

Di Indonesia sendiri cukup banyak yang mencintai pencolek api ini, bahkan ada secara mengumpulkan sampai ratusan macam zippo. Para pecinta Zippo ini apalagi banyak dengan bukan perokok, tapi mereka menyukai pencolek api ini. Komunitas pecinta Zippo dari Indonesia ini dapat ditemukan di Facebook yang mana mereka baku berbagi info mengenai pusparagam mereka. Bahkan mengenai cara perawatan dan menemukan keaslian Zippo merencanakan, secara sangat banyak Zippo gadungan yang terkuak.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar