Rabu, 07 Oktober 2015

Trik Menjaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

Tidak tahu tepatnya kapan gejala mata cepat lelah tersebut dimulai, yang pasti, pada setiap kali mata sudah terasa lelah olehkarena itu terlalu lama melototi komputer, saya seharga istirahat sejenak, tiduran, atau nongkrong sesaat di depan rumah. Sesekali juga jalan-jalan sepintas melihat pemandangan dengan lebih menyegarkan, tetapi hal ini jarang sekali dilakukan.

Aku termasuk pengguna komputer yang rutin, awal, siang, sore, silam, komputer teman serta mainan saya pada setiap hari dan nyaris sepanjang hari melawan dengan alat elektronik ini.

Tidak sudah mengetahui cara penggunaan komputer yang cantik agar tetap bukan berdampak pada kesehatan mata, membuat aku santai-santai saja mempergunakan komputer, khususnya tidak menganggap peduli ruang dan pencahayaan permadani LCD, atau hukum lainnya tentang cara menggunakan monitor LCD.

Sekedar berbagi pada para pembaca yang mungkin tidak menganggap peduli kesehatan tubuh mata, atau sekiranya merasa tangguh berhadapan dengan layar komputer, apapun jenisnya. Aku sarankan, mulai waktu ini perhatikan cara-cara dengan baik jika berseberangan dengan komputer, sebab menggunakan kacamata itu, menurut perasaan saya, tidak membuat tenteram dan sedikit banyaknya mengganggu beberapa aktifitas.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan preindo.com agar kesehatan mata tetap terjaga bila berhadapan dengan penghalang monitor:

1. Pandang jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu pendek melebihi jarak 30 cm. Dan tidak pula terlalu senggang, sebab bisa menghasilkan mata dipaksakan pati pada grafik komputer.

2. Atur ragam dan cahaya komputer sesuai dengan kesejukan mata

3. Tidak memaksakan mata berseberangan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik nyalakan saja lampu.

4. Bila membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang. Lebih baik copy pula pada microsof word, dan sesuikan luas huruf agar senang dibaca. Atau, kalau malas mengcopy, gunakan CTRL + berputar scrol mouse terangkat biar tampilan website - website nya membesar. Otomatis huruf-hurufnya pun dengan ikut membesar.



5. Jika anda masih menggunakan monitor secara berbentuk balok, secara kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan penghalang LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.

6. Makanan pun super berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak target bervitamin A, benar baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Selalu posisikan hidup berhadapan dengan layar pun harus dibuat senyaman mungkin.

8. Jika kelelahan mata berdampak pada mudah merasa pusing, sebaiknya bertanya pada dokter.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar