Jumat, 09 Oktober 2015

Membangun Serta Mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill

Pendidikan utama merupakan harapan serta mimpi yang dimiliki oleh seluruh sosok yang ada di dunia ini. Pada dasarnya, seluruh orang tentu ingin menempuh tuntunan yang setinggi kiranya sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Bahkan di dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke - 4 pun tertulis bahwa salah satu urusan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa". Hal ini berarti pada setiap orang yang merupakan warga negara Republik Indonesia memiliki wewenang untuk memperoleh petunjuk yang layak serta setinggi mungkin. Akan tetapi, sering kali tersebut yang memiliki mimpi untuk menggapai petunjuk setinggi langit tersumbat oleh masalah finansial yang pada kesudahannya memupus harapan tersebut untuk sekedar menyalin pendidikan formal melalui sekolah.



Namun, sekarang Biro Perencanaan & Kerjasama Luar Ruang Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Tamadun Republik Indonesia mempunyai sebuah program Dana siswa Unggulan dengan visinya yaitu untuk membangun insan terbaik bangsa yang memiliki pengertian kebangsaan secara matang, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, menang, moderat, serta hisab terhadap kehidupan kerabat dan negara. Menjalani program Beasiswa Unggulan, diharapkan jumlah orang muda yang memiliki mimpi untuk mengusik pendidikan tinggi siap tercapai sehingga terlahir insan-insan yang memimpin yang kelak hendak menjadi pemimpin golongan di masa mendatang.

Dahulu, seringkali kita mendengar kisah syahdu bahwa setiap sosok yang menempuh petunjuk formal melalui sekolah memiliki tujuan agar menjadi orang secara pintar dan bisa bekerja untuk mengatasi uang. Namun, sekarang di era secara sudah serba menanjak, kepintaran dan kepintaran seseorang dalam suatu bidang bukanlah tunggal yang dipertimbangkan sambil lapangan pekerjaan. Sebagaimana yang sering aku baca di lowongan pekerjaan, saat ini besar perusahaan yang seringkali memberikan syarat berona kemampuan dan kesanggupan dalam bidang dengan diminati dan kebolehan untuk bekerja pada tim, memecahkan perkara, memiliki jiwa kepemimpinan, dsb. agar bisa diterima dalam tingkatan yang sesuai secara bidang yang diminati.

Hard skill yakni kemampuan yang spesifik dan dapat dipelajari melalui pendidikan pangkal. Hard skill meruapakan hal yang wajib dimiliki oleh seseorang agar dapat diterima dalam bidang tingkah laku yang diminati. Contoh hard skill adalah kemampuan tertentu diantaranya kemampuan dalam sudut pandangan elektronika, robotika, matematika, dsb. Namun, kesangkilan hard skill tanpa disertai dengan soft skill dapat diibaratkan seperti kapal tanpa nakhoda.

soft skill penting dan harus dimiliki merupakan kemampuan kualitas seseorang yang bertalian dengan bidang ilmunya. Latar belakang dari soft skill adalah bakat seseorang dimana isyarat tersebut akan mempengaruhi segi psikologi & emosional dari seseorang. Beberapa ontoh soft skill diantaranya merupakan jiwa kepemimpinan, kebolehan untuk berwirausaha, spesialisasi profesional, kemampuan untuk membangun komunikasi secara orang lain, kemampuan untuk bekerja pada satu tim, dan sebagainya.

Keberadaan hard skill harus diiringi dgn keberadaan soft skill juga karena kehidupan seseorang tidak cuma ditentukan oleh soft skill yang bernilai saja namun hard skill juga ialah komponen penting secara perlu diperhatikan. Secara memiliki hard skill dan soft skill yang seimbang, jadi seseorang dapat menjadi pribadi yang bermutu.
referensi :
www.nilaitambah.com/soft-skill-penting-dan-harus-dimiliki-oleh-setiap-anda.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kemampuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar