Minggu, 11 Oktober 2015

Cara Kreatif Mencari Pekerjaan, Tanpa Tergantung Lowongan Kerja

Melihat saja sesaknya kolom lowongan kerja di tebaran, saya tidak mengakui bila ada yang mengatakan sulit mencari pekerjaan di Nusantara saat ini. Dengan pujaan kepala sendiri, saya yakin ada 1001 macam pekerjaan yang bisa digarap dalam bumi nan subur bernama Indonesia berikut.



Benar adanya jikalau ada yang menyiarkan bahwa tidak ada sosok yang mati karena kelaparan di Indonesia-karena kemalasan mungkin aja. Malas untuk muncul: milih 'mematikan' diri! Tak sedikit bahkan yang mengimani adagium ngawur “mencari dengan haram aja sukar apalagi yang halal”. Nah yang demikian, telah mati pra mati.

Yup, topik kali ini agak mengempar dari kebiasaan. Meski tentang entrepreneur, wirausaha atau ide wirausaha. Tapi masih nyerempetlah. Kali ini saya dengan sharing tentang gimana cara kreatif mencoba kerja tanpa tergantung lowongan kerja malang. Tentu dari segi pandang pencipta tanah lapang kerja (baca: juragan kecil membesar). Itu berdasarkan pengalaman saya beberapa minggu terakhir yang mencari banyak orang yang memiliki passion dan antusias.

Pasang iklan tentang Anda.

Jadilah penjemput kerja, jangan menunggu lowongan kerja. Demikianlah saya ‘diajarkan’ oleh seorang teman. Hampir satu dekade silam, pada saat saya menjadi pencandu koran Sabtu-Minggu edisi lowongan kerja. Seorang teman merintis mata saya sungguh mendapatkan kerja dengan efektif.

Alih-alih memandang iklan lowongan kerja, dia malah memasang iklan tentang dirinya. Seingat saya, ia mengiklankan dirinya untuk penulis yang sekali lalu kartunis dengan kemahiran seabrek. Alhasil, kurang lebih tawaran menulis riwayat hidup diraupnya. Tak terbatas rupiah mengaliri kantongnya.

Kini, saat globe menjadi flat secara internet. Anda siap mengadopsi ide ini dengan mengiklankan ada anda, bisa tuntas blog, grup di Facebook, forum, dll.

Efektif? Tentu saja. Lazimnya klien ataupun owner perusahaan senang dgn optimisme seseorang dalam menjemput rizki. Keji mencoba?
referensi :
lowonganmalang.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Pekerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar