Minggu, 27 September 2015

Trik Memasak Cepat dan Hemat

Saat perlop adalah saat secara tepat bagi cewek yang tadinya mepet tidak pernah ke dapur menjadi pencoba resep sederhana dengan bisa langsung dikonsumsi. Bagi sebagian wanita, masak adalah aksi yang paling dihindari. Mengapa wanita lambat masak ya? Sepertinya alasannya kalau di dapur, semua instrumen turun sehingga teledor mencucinya. Ada tengah yang beranggapan pada waktu masak pasti menyebabkan badan berbau tenang sedap, ada lagi yang beranggapan kalau masak hanya buang waktu saja karena bahwa memaksakan diri memasak hasilnya kurang mengamankan dan berakhir di tempat sampah, oleh karena itu lebih praktis di restoran cepat saji saja. Namun, masa ini tidak perlu khawatir, ada beberapa trik resep masakan gampang untuk mengatasi histeria tersebut, yaitu:

6198712702757845708.jpg

Lamun memotong kacang berjarak, potonglah dengan gunting 5 kacang panjang sekaligus. Dengan demikian akan menghemat tenggat daripada memotongnya satu per satu dgn pisau dapur.

Untuk sayur sop & sayur asem, manfaatkan bumbu praktis serupa Sajiku atau Merajang yang sudah ada di warung terdekat. Begitu pula dengan lada bubuk, sudah biasa ada Ladaku di warung.

Ayam dengan sudah dipotong dan dicuci lalu dibumbui diungkep. Setelah tersebut simpan di dalam lemari pendingin.

Untuk menggoreng ayam ungkep, panaskan minyak goreng cukup bisa merendam mandung dengan api padahal, jangan sampai hukum. Masukkan ayam kala minyak panas, setelah kulit ayam mengering cepat-cepat kecilkan api agar bagian dalam ayam tetap stagnan.

Untuk ayam opor, tinggal blender bumbu-bumbu, tumis kemudian masukkan air santan di dalam panci, belakang masukkan ayam ungkepnya. Tambahkan bumbu penyedap rasa untuk tertumbuk terakhir sebelum mematikan api kompor. Jika tidak ingin menambahkan penyedap rasa, gunakan perpaduan gula dan garam dengan komposisi yang tepat.

Buat menggoreng ayam mentah, pilih ayam kampung lembut atau ayam negeri, balurkan bumbu tengah 15-30 menit, tiriskan, lalu goreng.

Tips menyimpan sayuran, siram lalu bungkus dengan kertas simpan dalam lemari pendingin secara suhunya stabil, tidak dengan plastik, namun kentang, labu, bawang simpan di lokasi yang agak gelap serta sejuk, tempat dengan memiliki aliran udara.

Tomat, alpukat, kentang, kemangi, bawang merah, tembusan, melon, madu, minyak, roti, dan sayuran sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas, kian baik pada ruangan dengan suhu bulan saja.

Paling gampang masak sayur bayam, panaskan air muncul mendidih masukkan penggalan bawang merah, resep atau kencur (sesuai selera), lalu bayamnya. Masak bayam tidak terlalu lama, sebab selain rasanya getir, zat-zat gizinya pula sudah hilang.

Lauk paling mudah ialah telur, tempe dan tahu goreng talk. Sekarang sudah terselip tepung bumbu dengan beredar luas dalam warung-warung atau dapat juga membuat bumbunya sendiri.

Cara menggoreng ikan nila supaya tidak heboh seorang diri karena takut kecipratan minyak panas merupakan dengan menggorengnya lalu cepat-cepat tutup wajannya, tunggu beberapa kala, balik dengan pandai sekaligus, kemudian tudung lagi. Akan tetapi cara ini riskan melembung, apalagi tutup wajannya tidak transparan. Bertambah baik ikannya diselimuti tepung bumbu, setidaknya dapat mengurangi efek terkena percikan minyak panas. Gunakan baju lengan panjang buat melindungi lengan.
referensi :
3menu.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Resep_masakan

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat

    serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan

    alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    regards,
    oxone

    BalasHapus