Jumat, 12 Juni 2015

Tips Gampang Menulis Cerita

Pertimbangan ada, peristiwa juga ada, tapi untuk menuangkannya dalam suatu tulisan atau petunjuk ternyata tidak segala orang dari kalian bisa melakukannya. Memendekkan menulis berita secara dikenal dengan sebutan 5W+1H juga kerap kita dengar, namun demikian terkadang masih panik untuk menerapkannya. Ingat, What (Apa), Where (Di Mana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) + How (Bagaimana) adalah hal - hal yang tidak boleh diabaikan dalam penulisan 1 buah berita.

Berikut tingkat - langkah mulus cara penerapan 5W+1H lengkap dengan misalnya. Pertama, buatlah nama buku berita yang kita kehendakai, misalnya; Yayasan Nadziriyah Gelar Petunjuk Tahun Baru Hijriyah.



Kedua, isilah/gantilah 5W+1H dengan peristiwa secara akan kita jadikan berita, misalnya member akan menulis berita tentang peringatan Tahun Baru Hijriyah, jadi kita isikan datanya sebagai berikut; What (Peringatan Tahun Pertama Hijiriyah), Where (halaman SMP Salafiyah Banyumas), When (Selasa, 5/11/2013), Who (Yayasan Nadziriyah Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah), Why (untuk menteladani semangat hijrah Nabi Muhammad SAW) + How (jalannya acara)

Ketiga, menyusun 5W http://beritacenter.com/ menjadi sebuah lead berita dalam satu paragraf agar pembaca yang membaca lead berita tersebut sinambung paham dengan makna beritanya. Susunan 5W itu tidak mesti baku sesuai dengan urutan What (Apa), Where (Di Mana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa), tapi kita dapat mengganti urutannya sesuai dengan kebutuhan member. Untuk contoh di atas bisa ditata sebagai berikut; “untuk menteladani semangat hijrah Nabi Muhammad SAW Yayasan Nadziriyah Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Peringatan Tahun Baru Hijiriyah Halaman SMP Salafiyah Banyumas.

Keempat, susunan lead berita di atas tentu masih kaku, kurang senang dibaca dan masih belum jelas maksudnya sehingga perlu disusun ulang dengan menambahkan beberap kata atau kalimat untuk merajut point yang satu dengan point yang lain, misalnya menjadi seperti ini; “Dalam rangka guna menteladani semangat pindah Nabi Muhammad SAW, Pengurus Yayasan Nadziriyah Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Jawa Pusat menggelar Peringatan Tahun Baru Hijiriyah yangdipusatkan di Halaman SMP Salafiyah Banyumas pada Selasa, 5/11/2013 secara lalu”

Kelima, selesai semua data 5W terangkum dalam lead berita pada alinea pertama, selanjutnya aku tinggal menulis 1H (How) pada pargaraf kedua dan seterusnya sesuai dengan khayalan kita apa - apa saja dengan perlu dan diperlukan untuk disampaikan lawan pembaca.

referensi:

1 komentar:

  1. artikel ini sangat menarik. terima kasih atas reviewnya : NEGARAQQ

    BalasHapus