Selasa, 23 Juni 2015

Tips buat Menjadi Guru Les Privat

Menjadi guru les privat ialah salah satu pekerjaan memalingkan menyenangkan di globe. Apalagi jika dibandingkan dengan guru kelas, setidaknya begitulah dari segi saya. Sejak mutu 1 SMA abdi sudah menjadi guru les (selengkapnya membaca di sini). Kemahiran saya sebagai guru les privat sepanjang 7 tahun (usia 18-22 tahun mengajar), memberikan saya pengetahuan mengenai bagaimana caranya menjadi guru pendidikan privat. Berikut saya jelaskan kelebihan hidup sebagai guru les privat:



Peserta asuh yang sedikit. Kebanyakan sebagai guru pelajaran privat kita cuma harus mengajar satu siswa. Ini sesuatu yang sangat ria. Kita hanya kudu memahami satu watak siswa. Bandingkan beserta guru kelas yang harus memahami puluhan karakter siswa (30-50 siswa). Hal ini menentukan teknik menggurui yang kita lakukan.

Bayaran yang Menuntungkan Les privat. Mengajar satu sosok anak dengan tenggat 90 menit member bisa mendapatkan bayaran 30-80 ribu. Bandingkan dengan gaji guru honorer di madrasah negeri yang rata-rata dibayar 9-15 ribu/pertemuan. Makanya bidang pekerjaan ini sangat laku di mata karet mahasiswa.

Makan bebas. Ini nih ketika yang paling menghilangkan sebagai guru les privat. Setelah menggurui sering sekali aku disuruh makan ataupun pada saat ngajar sering sekali sudah biasa disediakan cemilan. Jangan ragu, jangan jaim, itu rezeki. Tetap diterima. Tuan rumah malah senang kalau makanan yang disajikan dicicipi dan disantap dengan lahap.

Tak perlu track record. Modal jagi guru les hanya dua, kesempatan dan palak.

Kerjaan nyantai pilau di pantai. Sebelah saya pastikan bahwa guru les rahasia kebanyakan berperan guna teman curhat dibandingkan menjadi benar-benar "guru". Nyantai kan? atas 90 menit zaman tatap muka, peruntukan waktu curhat dapat mencapai 30-90 menit. Kita juga gak harus dibebani guna membuat RPP, status penilaian, dll.

Tapi apakah akan langsung begini? Tidak pulih berdosa? Mengajar seperlunya, sedangkan uang yang didapatkan dengan ringan kita belanjakan. Yuk move on, aku ingin dunia tuntunan menjadi lebih indah kan? Kita suka kan melihat petunjuk tentang pencurian & korupsi? Lalu segala sesuatu bedanya kita dengan pencuri dan provokator bila tidak menunaikan fungsi dan tugas kita dengan bagus dan benar? Lalu tips-tips yang dapat saya berikan supaya kita menjadi guru les privat yang keren. Disukai siswa, dicintai orang tua siswa dan bakalan kebanjiran pekerjaan.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar