Jumat, 19 Juni 2015

Pil KB Khasiat serta Cara Pakainya

Kontrasepsi adalah metode yang digunakan untuk menekan terjadinya kehamilan (mencegah pembuahan sel telur oleh sperma di fallopian tube). Salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak pada gunakan di Indonesia adalah dengan teguk pil KB.

pil-28.jpg

Pil KB berisi hormon, bisa kombinasi hormon estrogen dengan hormon progesteron atau progesteron saja. Cara tingkah laku Pil KB interior mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan menyelesaikan ovulasi (pengeluaran telur dari indung telur) dan atau membekukan lendir mulut peranakan sehingga sperma sulit memasuki rahim

Osehat pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas semampai untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi mempunyai kegagalan 1 pada 1000). Akan tetapi di dalam pemakaiannya karena faktor kesalahan manusia (yang sering terjadi adalah lupa minum Pil KB atau terlambat memulai kemasan dengan baru), maka kegagalannya dapat menjadi 6-8 kehamilan / 100 wanita pemakai.

Pil KB aman dan efektif untuk kebanyakan wanita, baik buat mereka yang belum mempunya anak, usia remaja, gemuk atau kurus, usia pada atas 35 tahun, tidak merokok, merokok tapi usia pada bawah 35 tahun, dan untuk perempuan setelah keguguran.

Keuntungan Pil KB:

- Sangat efektif bila diminum teratur

- Tidak mengurangi keragaman hubungan suami orang belakang

- Tidak tergantung pada dokter

- Menstruasi menjadi tertib, berkurang rasa nyerinya, lebih sedikit & lebih singkat waktunya

- Dapat dipakai selama diinginkan, tidak harus beristirahat dulu

- Dapat digunakan oleh semua perempuan usia produktif

- Dapat dipakai oleh wanita yang belum pernah hamil

- Dapat dihentikan pemakaiannya dengan kapan aja jika menginginkan kehamilan

- Kesuburan cepat kembali setelah penerapan pil dihentikan

- Dapat mencegah anemia akibat kekurangan senyawa besi

- Membangun mencegah terjadinya: kehamilan diluar kandungan, kista ovarium, kanker endometrium, tumor jinak tetek, penyakit radang pangkal paha, kanker indung telur

- Dapat diterapkan untuk penderita uci-uci jinak payudara, diabetes tanpa kelainan tenggorokan darah, endometriosis, masalah kesehatan radang panggul, basil tiroid, mioma utyeri, TBC (kecuali dalam pengobatan dengan rifampicin) di bawah pengamatan dokter

Cara Pemakaian Pil KB:

- Untuk mereka secara baru pertama kali memakai pil KB, mulai dari minum pil kala haid yaitu sedari di hari ke lima haid / paling baik di hari pertama mendapat kain camar. Bila dimulai di dalam saat haid sudah berhenti, jika hendak melakukan hubungan kerabat, gunakan kondom selama 7 hari prima menelan pil untuk mencegah terjadinya kehamilan.

- Untuk mengacau lupa minum Pil, minumlah pil KB secara teratur setiap harinya pada weker yang sama, disarankan buat menelan pil pada malam hari (sebelum tidur atau sehabis makan malam).

- Jika lupa minum satu pil KB ( aktif sungguh placebonya ) teguk segera saat teringat dan minum Pil dosis hari ini di saat saat rutin biasanya. Bila lupa 1 hari (24 jam) dipastikan masih dapat diminum 2 tablet refleks pada saatnya minum pil. Namun bahwa lupa lebih dari 1 hari, keluarkan pil yang terlena dan lanjutkan reguk pil sesuai harinya, namun karena efektifitas berkurang, perlu dipadukan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan susur.

referensi:
http://www.osehat.com/cara-minum-pil-kb-cara-menggunakan-pil-kb/
https://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga_Berencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar