Kamis, 25 Juni 2015

Menyukai Sunrise Bersama Lumba-lumba di Teluk Kiluan

Negara indonesia dikenal dengan negara marine yaitu negara secara mempunyai banyak darat oleh karena itu Indonesia punya pantai-pantai yang mempesona, salah satunya adalah teluk kiluan atau yang sering disebut kiluan saja. Pantai tersebut terletak di provinsi Lampung tepatnya pada Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Terkatung-katung Selatan. Teluk Kiluan, memang tengah naik daun di kalangan wisatawan. Sebenarnya Teluk Kiluan sudah lama biasa wisatawan mancanegara tetapi saat itu belum banyak wisatawan domestik mengenal kawasan berikut. Bahkan masyarakat Lampung pun saat ini sedang banyak yang tidak tau akan keberadaan lokasi berkumpulnya lumba-lumba tersebut. Mungkin karena minimnya informasi serta jalan masuk untuk menjangkau Teluk Kiluan yang susah. Berdasarkan info dengan di dapat, lebih kurang pada tahun 2004 barulah objek wisata ini mulai gempar dikunjungi oleh wisatawan domestik. Topografi lokasi ini berbukit serta berlembah sehingga menarik untuk dijelajahi, wisata alam Teluk Kiluan cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang.

Perjalanan ke paket teluk kiluan dari Bos Lampung hanya sekitar 90 kilometer atau sekitar 3-4 jam. Dari Bandar lampung menuju ke kiluan kita bisa tampak di pantai mutun, pulau tangkil juga pantai klara. Buat menuju tempat terkait kita juga dapat naik ojek ataupun menyewa mobil, biaya untuk menyewa mobil berkisar antara Rp 400. 000 muncul Rp. 600. 000.

+lampung.jpg" width="366" />

Namun jalan pergi ke Teluk Kiluan usang, tak beraspal, berbatu, dan tak setengah. Maka dari itu jika pengen berkunjung ke tempat ini jangan sekali2 menggunakan mobil sedu lebih baik memakai motor atau mobil-mobil yang biasa dikenakan untuk off road agar lebih gampang melewati medan yang seperti itu. Tidak barang-kali memang untuk mencecah lokasi ini sebab melalui jalur darat yang naik rugi bukit yang lekuk serta medan off road adalah fakta yang harus dilalui jika ingin mengunjungi Kiluan ditambah sedang dengan minimnya tutorial jalan. Dengan kondisinya yang serba sedikit, hal tersebut bukan menghalangi keinginan wisatawan untuk berkunjung di Teluk Kiluan. Disepanjang jalan Desa Kiluan kita bisa melihat beberapa Pure, yakni tempat ibadah suku Hindu karena dalam tempat ini tidak sedikit dihuni oleh sosok turunan bali pemeluk hindu. Desa Kiluan ini hidup rukun dari 5 umat yang berbeda adalah Lampung Pesisir, Sunda, Jawa, Bali, serta Bugis.

Namun meskipun jalan yang dilalui itu sulit mau terbayar jika kalian sudah sampai di teluk kiluan. Teluk Kiluan menyimpan pukau alam yang sedang alami dan tertutup ekosistemnya. Pantai terkait memiliki keindahan tersembunyi dibalik letaknya secara terpencil, perpaduan jernih air serta senarai pasir halus disemua penjuru pantai secara mengelilingi teluk itu mempunyai daya tarik yang beda bagi kalangan wisatawan. Khususnya di Darat Kiluan yang beruang di tengah teluk ini, selain vista alam yang mengesankan ini, ada sedang yang membuat lokasi ini menarik tinjauan wisatawan yaitu hampir setiap pagi hari kawanan lumba-lumba beratraksi di teluk itu. Kita bisa melihat lumba-lumba pada tatkala pagi hari mulai dari pukul 06. 00 - 10. 00. Lumba-lumba yang ada di pantai ini adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar serta pemalu dan dengan kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang berisi lebih kecil dan senang melompat. Guna dapat melihat lumba-lumba kita harus mencarter jukung, jukung merupakan perahu bermotor yang bentuknya ramping serta memanjang yang dapat dinaiki tiga sosok penumpang ditambah satu orang pengemudi, pangkat sewa satu jukung adalah Rp 250. 000.

referensi:
http://marotravel.com/teluk-kiluan-murah/
https://id.wikipedia.org/wiki/Matahari_terbit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar