Jumat, 19 Juni 2015

Cara Membuat Taman di Atap Rumah

Petak yang terbatas tidak menjadi alasan menghijaukan rumah kita. Penuh solusi yang dapat menjadi pilihan, antara lain adalah dengan memproduksi taman di kapa-kapa rumah atau roof garden. Taman lebih dari atap merupakan serupa salah satu alternatif penghijauan untuk meningkatkan markah kesehatan lingkungan dikota-kota besar. Selain mencampur keteduhan, taman diatas atap (roof garden) juga bisa digunakan untuk menyerap gas-gas beracun.

Taman dengan terletak di kapa-kapa rumah sudah sedang lama dikenal suku luas. Bahkan pada Jakarta banyak gedung-gedung yang menerapkan postulat taman ini untuk penghijauan bangunan mereka.

Sebaiknya pilihlah ahli taman jogja dengan massa yang ringan atau mempergunakan media tanam dengan Instan agar bukan membuat beban berlebih pada atap. Pula untuk tanaman itu sendiri, aturlah pola yang benar agar tidak terlalu intim, juga sebaiknya seleksi tanaman pengisi dengan ringan seperti rumput, tanaman yang tidak berbunga, semak belukar. Betul2 ini membutuhkan keilmuan tersendiri, yang biasanya dimiliki oleh servis landscape atau saham arsitek taman. Kecuali dari itu saja perlu diingatkan supaya tanaman yg dipilih sebaiknya yang punya ciri dan karakter tertentu, seperti mampu menahan sinar matahari dan tidak terlalu memerlukan banyak tirta.



Dalam membuat tekun di atas kapa-kapa tidak terlalu selit-belit. Cukup dengan lahan 4×4 meter bujur sangkar Anda sudah siap menciptakan taman atap yang memadai. Dengan perlu diperhatikan adalah masalah drainase paling utama untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media tersebut. Hindarkan dak atas pondok mengalami kebocoran konsekuensi sistem drainasenya yang bukan benar. Salah satu pemecahan untuk sistem drainase yang baik merupakan dengan memberikan kemiringan tertentu pada genting dak beton. Taktik ini tentunya bakal membuat air hendak mengalir ke tata cara pembuangan dengan baik.

Ada beberapa tingkat dalam pembuatan tekun atap rumah, serta berikut ini adalah tahapnya:

- Melapisi dgn water proofing. Abaikan selama sehari hingga benar-benar kering,

- Aci, yaitu penambahan lapisan semen, mengidamkan pengeringan selama sehari,

- Beri lapisan penahan air (drainage cell) dan level penahan tanah (geotextile).

Setelah proses pada atas telah dikerjakan, kemudian diberi tanah dan siap ditanami tumbuhan. Penanaman diawali rumput, semak, baru kemudian tanaman pohon. Untuk mencegah kebinasaan lapisan kedap air (water proof layer), level penahan harus ditambah agar akar tumbuhan tidak merusak martabat kedap air dan kerikil di bawahnya.

Bersama-sama adalah cara penunjukan tanaman yang nyaman di tanam dalam taman atap:

Ciri tanaman

- Kepala dingin terhadap sinar matahari langsung (tanaman panas), Hal ini primer diperhatikan mengingat teritori pertumbuhan tanaman ada di atap, yang memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari dibandingkan tekun biasa.

- Hindari tanaman berakar menghujam ke bawah seperti palem. Pilihlah yang memiliki akar menjalar dan pertumbuhannya pengkol, Contoh: pohon mercu.

- Memiliki perurutan bunga yang sering/rajin berbunga, Contoh, mawar, melati, tapak perempuan, bougainville.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar