Sabtu, 27 Juni 2015

Berlatih Drum untuk Pemula

Kali ini saya bakal sharing mengenai belajar drum untuk pemula. Buat teman-teman dengan memang ingin berlatih drum dari nol dan untuk hanyalah hobi saja, belajar langsung dari hal yang akan saya sharingkan akan penuh bermanfaat langsung. Jika teman-teman mengikuti apa yang saya sharingkan disini, dan jika dilatih dengan betul, Insya Allah sanggup lah kalau sohib-sohib ingin mengiringi lagu-lagu yang simple aja.

Tapi sebelumnya member kenalan dulu terbatas dengan not balok yang ada dalam drum ya, sebab kita nanti dengan belajarnya dengan memakai not balok. Sepertinya ada beberapa yang langsung sepertinya alergi dengan kata-kata not balok ini. Sesungguhnya menurut saya memahirkan drum dengan memakai not balok senggang lebih memudahkan member sebenarnya, karena member akan tahu dimana kita harus mempertontonkan tangan dan penumpu kita yang aku mainkan berbarengan dan yang mana yang tidak kita mainkan bertumbukan.



Dengan mengerti not balok secara sederhana akan jauh lebih memudahkan kita pada Belajar Drum, tetapi kalau kita tidak mengerti not balok kita harus menghafalkan dengan telinga kalian. Dan masalah beserta menghafalkan dengan telinga kita adalah bahwa kita sampai pada rumah dan lupa, nah kan sudah selesai jadinya! Kalian tidak bisa melatihnya karena kita lupa, tapi kalau kalian bisa membaca not balok kita tidak perlu juga untuk mengingatnya karena member bisa tinggal membacanya lagi.

Lupa meski tidak menjadi peri kalau kita mampu membaca not balok. Nah kan seperti itu keuntungannya untuk kalian. Jadi kenapa aku tidak mau berlatih not balok? Nah saya akan sharing pengenalan sedikit mengenai not balok tingkah ya. Biasanya kalian akan melihat foto yang seperti ini..

Nah dari gambar dalam atas kalau kalian lihat ada poin 2/4 dimana ini menunjukkan tanda biramanya, kemudian not mana yang nantinya akan kita mainkan pada bass drum aku, dan not mana yang akan kita mainkan pada snare drum kita, dan x itu lazimnya kita mainkan di dalam hi hat kita dan tanda tutul dua itu mempunyai kita mengulang sedang apa yang member mainkan.

Kalau melihat pada gambar not balok di buat membuat teman-teman gagap? Tenang! Kita siap tonton video dalam bawah ini yang mana saya menjelaskan gimana sih cara mengangkat not balok secara ada di atas, dan kita akan langsung praktek di drumsetnya, di video itu saya praktekkan juga langsung di drumsetnya, jadi sohib-sohib bisa melihat tepat dan semoga memproduksi semakin jelas dan mudah untuk dimengerti.

Kalau begitu aku tonton dulu yuk video di lembah ini..

Nah itu sudah langsung saya contohkan saya mainkan di drumsetnya seperti apa not baloknya, kemudian kan tadi saya juga mengeluarkan bahwa dengan kalian belajar not balok, memahami yang simple-simple aja dulu, member jadi bisa mengetahui dimana kita dengan memainkan tangan & kaki kita bareng dan dimana saja tangan dan tangan kita tidak menyerentakkan.
referensi :
gustihendy.com/belajar-drum-4-belajar-drum-otodidak-video
https://id.wikipedia.org/wiki/Drum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar