Selasa, 19 Mei 2015

Cara Menghitung Banyak Kata di Excel

Jika kita ingin mengira-ngira berapa jumlah perintah yang sudah aku tuliskan pada Ms. Word, tentu caranya sederhana saja olehkarena itu sudah ada pengaturannya di sana. Member tinggal masuk ke menu Tools kemudian pilih Word Count, maka dari banyak kata sampai total karakter atau rangkaian langsung bisa muncul.

Tapi bagaimana tips kita menghitung banyak kata pada Ms. Excel?

Menghitung nominal kata pada Ms. Excel bisa dibilang gampang-gampang susah, benih tidak disediakan fungsi atau rumus guna itu. Satu-satunya fungsi yang “mirip” kegunaannya adalah fungsi LEN. Namun fungsi ini hanya menghitung jumlah karakter, bukan tanda.

Sebenarnya tips saat ini tidak penting-penting besar. Apa perlunya, coba, menghitung jumlah pertuturan pada excel? Sebab itu Anda tak perlu mempelajarinya, sebab tips kali ini seharga sekedar untuk mengamankan rasa ingin terbuka saya saja. Tetapi tetep harus komen ya! *Maksa. com.

Untuk dapat cara menggunakan microsoft excel memikirkan jumlah kata dengan sudah kita ketikkan pada excel, kita membutuhkan beberapa “komponen” pendukung. Selain LEN, komponen yang hamba maksudkan itu merupakan: SUBSTITUTE dan TRIM. Kegunaan masing-masing atas fungsi ini merupakan sebagai berikut:

LEN, seperti yang tutup saya singgung di atas, fungsinya adalah untuk menghitung nominal karakter. Dan secara disebut ‘karakter’ tersebut adalah setiap apa-apa yang kita ketikkan pada papan keyboard kita.



SUBSTITUTE, interior masalah kali ini dipakai untuk merubah pada setiap tanda baca menjadi spasi. Jadi nanti setiap ada tanda baca, (misalnya koma, titik, dsb. ) akan kita ubah menjadi spasi terlebih dahulu. Sebenarnya fungsi ini tidak butuh kita gunakan apabila cara kita menyarikan sudah benar setara EYD. Sebagai perumpamaan, sebelum tanda koma tidak perlu pakai spasi, setelah semboyan koma harus per spasi, dll.

TRIM, fungsinya untuk mendepak spasi yang pekat. Diantara satu kata dengan kata selanjutnya hanya perlu satu spasi, namun sesekali kita keseleo jempol sehingga kita menjepit spasi dua kali. Senyampang, kita menulis ’saya(spasi)(spasi)pergi’, maka dengan TRIM kalimat tersebut bakal berubah menjadi ’saya(spasi)pergi’.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar