Rabu, 29 April 2015

Tips Menyeleksi Penerbangan Buat Travelling

Tidak lama lagi tutup tahun 2014 akan cepat tiba. Bagi engkau yang sudah mengantongi izin cuti & ingin travelling khususnya ke luar negeri pastinya pengen lekas-lekas liburan datang. Pikiran juga biasanya udah melayang-layang ke tempat liburan, karena saat-saat inilah waktu dimana kita melakukan perencanaan/ planning untuk liburan akhir tahun.

Dalam artikel ini, saya akan mencoba untuk memberikan beberapa pertimbangan serta tips untuk mengerjakan salah satu hal secara paling krusial di perencanaan travelling yakni memilih penerbangan buat berlibur khususnya hisab anda yang mau berlibur ke pendatang negeri secara bebas atau tanpa merasuk program tour. Memisah-misahkan penerbangan mulai dari maskapainya, jadwalnya, sampai biayanya merupakan hal terpenting yang akan menawan pengalaman liburan engkau. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih penerbangan:

Melalui agen / online?

Saya swasembada lebih prefer oleh jadwal penerbangan bandara soekarno hatta. Fleksibilitas atas query kita mengenai opsi penerbangan & efisiensi merupakan superioritas dari melakukan reservasi secara online. Ketika kita melakukan reservasi via agen, mula-mula kita harus menelpon ke beberapa distributor untuk mencari the best deal. Pada saat menelpon meski sepertinya tidak keras dalam melakukan query, misalnya kurang handalnya operator agen yang memahami kriteria-kriteria penerbangan yang kita inginkan. Kemudian kita pula tidak bisa melaksanakan pembayaran secara instan misal harus belanja via transfer oleh ATM.

Dengan online kita bisa tahu langsung opsi penerbangan, jadwal, dan mutu dalam waktu secara bersamaan. Tentu hal ini lebih penghematan dalam melakukan pencarian. Selain itu, pembayaran via kartu nomor juga bisa sinambung dilakukan setelah member memilih opsi dengan kita inginkan. Kemudian, tidak lama e-ticket pun terkirim di email. Jadi sehat juga dalam melakukan pembayarannya.

Low cost carrier (LCC) ataupun full service carrier (FSC)?

Kalau tersebut, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah siluet biografi anda dan orang-orang yang ikut berjalan-jalan dengan anda serupa travelers. Apakah dikau tipe budget traveler yang lebih menyigi segala aspek daripada value atau uang yang dikeluarkan biar seminimal mungkin. Ataukah anda traveler sekaligus memperhatikan aspek keragaman.



Saya sendiri yakni tipe traveler yang tidak terlalu budget dan tidak terlalu premi. Dan saya pula merupakan tipe traveler yang memasukan unsur kenyamanan untuk menaksir apakah suatu penerbangan itu ekonomis ataupun tidak. Untuk LCC, biasanya total ongkos yang perlu dikeluarkan lebih tinggi dari biaya yang ditampilkan di halaman opsi penerbangan. Biaya secara lebih tinggi tersebut karena adanya terusan biaya lain-lain sebagaimana order makanan, in-flight entertainment, pemilihan kursi, check-in baggage, & charge-charge lainnya. Hamba mengestimasi biaya terusan yang perlu dikeluarkan biasanya antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Untuk membandingkan total biaya renggangan LCC dengan FSC, saya coba mensimulasikan order penerbangan dari Jakarta ke Hongkong antara AirAsia dan Singapore Airlines jatuh 1 s/d 5 Januari 2015 berikut ini:

Pada screen bingkai kiri, terlihat harganya adalah Rp5. 222. 000. Terlihat opsi kepulangan yang abdi pilih adalah secara termahal yakni Rp3. 209. 000. Lah terus kenapa gak pilih yang termurah aja? Disitu opsi termurah adalah Rp1. 770. 000. Hamba pilih opsi tersebut karena, jadwal penerbangan yang menurut aku nyaman (di unit berikutnya saya teliti tips untuk menabalkan jadwal penerbangan yang nyaman). Jadwal penerbangan yang saya pilih adalah berangkat umumnya 10: 50 daripada Hongkong dan sampai di Jakarta getok 19: 55 di hari yang sama, dengan transit di Muara Lumpur selama 4 jam 10 menit. Sedangkan pada opsi termurah, berangkat mulai Hongkong pukul 20: 50, lalu transit di KL tengah 9 jam 10 menit dan sampai di Jakarta umumnya 10: 50 keesokan harinya. Tentu itu bukanlah jadwal secara nyaman, dan sekiranya harus mengeluarkan dana menginap lagi semalam, kecuali tentu jika anda mau ngampar di bandara, hahaha.

Kemudian ditambah biaya-biaya tambahan seperti perkakas 20 kg, persembahan, seat selection, tax, dan charge lainnya, maka total dana menjadi Rp6. 118. 000 (screen kanan). Tentu opsi-opsi dana tambahan tersebut menurut saya merupakan tujuan dasar dalam penerbangan. Kecuali jika engkau solo traveler yang bukan terlalu mementingkan seat selection. Untuk itulah perlunya mencermati keseluruhan biaya dalam memilih2x penerbangan dengan LCC.
referensi :
bandarasoekarnohatta.com/jadwal-penerbangan
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar