Kamis, 09 April 2015

Peraturan Menanam Sayuran pada Polybag

Untuk menempatkan sayuran sebenarnya bukan sesulit yg kalian bayangkan, sayuran itu seperti manusia juga, sayuran perlu makanan (pupuk), perlu minuman, perlu pemeliharaan kesehatan tubuh, nah jika ketiga itu terpenuhi maka tanaman sayuran bakal tumbuh optimal.

rangka yg kita perlukan untuk memulai menempatkan sayuran di pekarangan rumah cukup bersahaja sekali

peralatannya, rimbas, sendok semen/sekop mungil, sprayer(tank semprot siap yg ukuran 2 liter)atau bisa memakai sprayer untuk menyetrika baju.



untuk media bercocok tanam dalam polybag kita dapat menggunakan polybag, ember plastik, atau apa-apa saja yg dapat menampung tanah, guna tanaman seledri aku menggunakan polybag tolok ukur 1 kg namun tomat & cabe yg ukuran 4 kg.

pertama member masukkan tanah serta kompos/pupuk kandang kedalam polybag 1/3 utama polybag nggak usah di isi padat, karena nanti setelah tanaman agak raksasa kita akan menambah kompos dan zona. perbandingan kompos serta tanah 1: 1 (kompos sekarang penuh di jual pada toko pertanian atau tempat penjual tumbuhan hias jika di kota besar ), setelah polybag terisi tanah dan kompos lalu di siram secara HAK & EM4 (humid acid, potasium & efective mikroorganisme) di jual di toko pertanian bahwa anda kesulitan mendapatkanya anda cukup mengairi dengan air tanda cucian ikan/ayam/daging, / air bekas cucian beras. nah dari sekarang anda bukan boleh lagi mendepak air bekas basuhan beras, ayam, ikan, dan juga pungkur sayuran yg gak terpakai itu dapat di gunakan guna pupuk cair.

caranya sangat gampang kamu siapkan ember yang ada tutupnya, bertambah bagus yg tolok ukur 20 liter. di setiap anda habis membasuh beras, ayam, ketuat dan juga sempuras sayuran tadi, anda masukkan kedalam tabung tadi tutup kuat, juga tambah gula putih 1 kg dan air nyiur tua 1 liter, setelah 7 hari jadi pupuk rapun yg bisa dalam gunakan untuk gemuk tanaman anda tadi.

kembali ke cara tanam tadi guna bibit sayuran member harus membeli di toko pertanian sebelum di tanam nilai di rendam dulu dengan air redut kuku +- 15 menit lalu bisa langsung tanam di polybag,

setelah 3 hari biasanya tanaman mulai tumbuh, guna menghindari tanaman plonco mati terkena hujan, anda bisa manfaatkan botol air mineral yg berbentuk gelas untuk menutupi tanaman sampai berumur 1 bulan, dan tidak lupa tanaman tidak sampai kekeringan gunakan air cucian melukut untuk menyiram tumbuhan anda ( buat seledri tanah pantas selalu lembab usahakan siram setiap hari untuk daerah lelap atau musim tandus ).

nah sesudah makanan dan minuman sudah terpenuhi masa ini pemeliharaan kesehatan, di sini saya hanya melepaskan pemeliharaan secara organik karena untuk taraf kecil biasanya menanam jarang terkena patogen. untuk penyemprotan seminggu sekali gunakan dua siung bawang suci tumbuk halus nikah dengan air 2 liter, semprot di tanaman secara merata.

untuk tanaman tomat & cabe jika ada kutu bersih di tanaman bisa anda semmprotkan ekstrak daun sirsak/srikaya/bijinya, patera sirsak 15 serpih tumbuk halus padu dengan air dua liter saring airnya semprot merata di tanaman.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar