Selasa, 07 April 2015

Merawat Bantal Foto serta Bantal Guling

Tips Merawat Bantal Foto

Apakah agan & sista punya alas biasa atau alas foto guling tali jiwa di rumah? Bisaanya ada beberapa rombongan yang anggota keluarganya memiliki bantal masing - masing. Kalau punya, apakah bantal kesayangan agan & sista selalu dicuci secara berkala? Atau apakah dari semenjak agan & sista membeli bantal ityu belum pernah dicuci? Atau hanya dijemur saja? Bisa kita bayangkan bagaimana kondisinya jika bantal tali jiwa kita atau teras foto guling aku tidak pernah dicuci selama bertahun-tahun?

Sungguh Cara Merawat Lapisan Foto

Mungkin agan & sista berpendapat tidak perlu menyikat bantal atau teras foto guling, pas dijemur saja. Dengan perlu dicuci hanyalah sarung bantalnya selalu. Kalau boleh saya sarankan kita tidak hanya mencuci sarung bantalnya saja, kalian jugaa harus membasuh bantalnya juga secara berkala. Kalau menyarung bantalnya sih kadang harus sering dicuci karena mungkin di sarung bantal / di sarung hamparan guling itu menumpang banyak kotoran laksana bekas keringat aku.



Kenapa bantal atau bantal foto guling harus dicuci?

bantal foto berkualitas sebaiknya dicuci minimal empat bulan sangat. Pencucian bantal dimaksudkan untuk menjaga keheningan dan kondisi teras kita agar tunak bersih dan gak merugikan kesahatan aku. Jika bantal bukan pernah dicuci sepertinya didalamnya banyak reja-reja kayu atau bahkan satwa atau bakteri alias virus / kuman yang bersarang pada dalamnya. Tentu kita tidak mau jika di dalam bantal ada debu atau binatang kasat mata yang terhirup dan masuk di dalam system pernafasan kita. Masih untung jika hanya membuahkan alergi saja, gimana jika kita terus menghirup debu secara ada di teras atau bantal foto guling kita dan bertumpuk di liang pernafasan dan alat pernapasan kita?

Mencuci bantal atau bantal foto guling sebenarnya mudah saja. Rendamlah lepas bantal dengan air hangat menggunakan detergen selama kurang lebih 30 menit agar mempermaju proses pelepasan buangan yang menempel di bantal. Jika mempergunakan mesin cuci aturlah kecepatan putaran perangkat cuci dengan kecepatan yang lambat tanpa terlalu cepat agar bentuk bantal bukan berubah. Ada kalanya kalau kualitas bantal dengan kurang bagus, isi bantal atau lapisan guling akan menggumpal dan tidak meleset ke bentuk semula.

Setelah dicuci bilaslah bantal biasa / bantal foto guling sampai sisa - sisa detergennya teduh. Kalau bisa membilasnya dengan menggunakan tangan. Setelah dibilas tepat keringkan jangan ditunda - tunda supaya bantal tidak sebagai bau. Keringkan bantal sampai benar-benar luruh, bisa dijemur / di mesin cuci. Tetapi lebih baik dikeringkan di bawah sinar matahari mudah-mudahan benar - betul kering dan wujud bantal biasa ataupun bantal guling tak mudah berubah.

referensi:
http://bantalphoto.net
http://id.wikipedia.org/wiki/Bantal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar