Jumat, 27 Maret 2015

General: Tips Dalam Menyeleksi Trip Travelling pada Nusantara

Belakangan, kita beserta mudahnya menemukan suatu paket trip. Entah sebuah trip pengembaraan menikmati pemandangan dengan berada di bagi daratan atau kendati menikmati pemandangan dengan berada di lautan.

Yah bisa dibilang, sejak 2 tahun belakangan ini, logistik trip mengalami peningkatan yang cukup pesat, baik itu sekadar event resmi ataupun yang hanya sekadar mencari teman sendi bareng. Hal secara baik, mengingat bilangan potensi wisata dalam Indonesia. Dan mudah-mudahan kedepannya pariwisata aku dapat tumbuh sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Nah berikut ada kaum tips dalam memisah-misahkan sebuah trip, ini bisa kalian jadikan sebagai bahan masukan:

1. ESTIMASI DANA



Murah bukan teban, mahal juga belum tentu menentukan keragaman. Pada poin berikut, ada baiknya anda meninggalkan riset terlebih dulu. Lakukanlah berbagai patokan, berapa harga bahwa anda pergi ngetrip sendiri, lalu apabila harganya agak sedikit, carilah ALASAN kenapa trip itu menjadi berbeda dan kelebihannya. Lalu cari pula perbandingan harga menemani trip dengan tujuan yang sama.

2. SAAT

Berikut adalah skedul http://www.expedizi.com pilihan kecintaan orang Indonesia di umumnya yaitu kala libur hari umum idul fitri, liburan natal dan tahun trendi juga tanggal sakit bulan yang terjepit. Tersebut adalah momen yang mana kemacetan akan berpindah dari kota ke jalur pendakian, rantau atau tempat wisata lain. Jika di tanggal tersebut engkau masih mengeluhkan kerapatan, bukanlah hal secara tepat. Namun terselip hal untuk mensiasatinya, yaitu pada pemilahan hari. Usahakan tidak memilih trip secara jadwal perjalanannya berlaga dengan banyak trip lain. Pilihlah trip yang tanggalnya tidak bersamaan, meski seharga sehari atau dua hari (contoh: bila banyak trip tercipta pada tanggal 12, maka pilihlah luruh 11 atau 13). Alasannya?? Simple, setidaknya kalian tidak akan terlalu mengalami kepadatan dengan teramat sangat (terutama pada trip pendakian yang mulai melekat dengan kata terputus ketika mendaki ke puncak). Mereka tinggal landas kalian turun, kalian turun mereka bertambah, yah logika sederhananya seperti itu.

Waktu unggul ntuk travelling dalam Indonesia (kalo omongan orang bule “high season”) adalah bulan Mei hingga Agustus, dimana pada saat itu kebanyakan wilayah di Indonesia selagi memasuki musim kemarau. Jadi intensitas terjadinya badai juga makin kecil. Di banyak dolok pun edelweiss padahal merekah dengan indahnya. Di gunung semeru, adalah waktu terkemuka untuk melihat “si ungu” Verbena Brasilinensis Vel di oro-oro ombo. Waktu secara baik pula buat menikmati keindahan di pulau Lombok & Bali. Namun seandainya kalian tetap meninggalkan trip pada “bad season” (yang dari sisi penulis adalah november hingga maret), persiapkanlah diri kalian dengan baik. Sebab ransum kemungkinan bertemu udara buruk jauh bertambah tinggi. Itu ialah RESIKO yang mesti kalian hadapi.

3. FASILITAS

Poin berikut menitikberatkan pada apa pun yang akan kalian dapatkan jika deging membayar lebih. Misal transaksi jual beli, kalian adalah seorang pembeli. Jadi pilihlah tidak hanya yang bisa menyalurkan hasrat kalian untuk bepergian, akan tetapi juga bisa menurunkan kalian sebuah kebahagiaan. Dan bukankah telah tugas dari seorang pembeli untuk paham barang yang akan dibelinya. So be smart fellas!!

4. SUSUNAN RUNDOWN / ITINERARY

Ini adalah salah satu poin tersohor yang sering dilupakan. Memang bukan sesuatu yang harus dijalani tepat waktu, sesuai dengan susunannya, olehkarena itu ketika di prosesi, banyak faktor yang bisa menghambat, diantaranya fisik atau iklim buruk. Pentingnya poin ini adalah kalian bisa jadikan penjelasan tentang tempat kalian berada pada struktur tanggal dalam rundown. Ribet yah bahasanya hahaha!!

Simplenya kalian tahu pada jatuh sekian kalian beruang dimana, “gue di dalam tanggal 11, tata acara dari pos 2 ke plawangan”. Tersebut juga bisa dijadikan acuan untuk rangka bagi diri swasembada dan tim di dalam hal mental, fisik atau untuk sama-sama berkoordinasi tentang tujuan dalam perjalanan nantinya.
referensi :
www.expedizi.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar