Selasa, 24 Februari 2015

Tips Hemat Beli Ensiklopedia

“Ensiklopedia adalah sekitar tulisan yang bermutu penjelasan yang mencadangkan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang pengetahuan atau khusus pada satu cabang pengetahuan tertentu yang terkumpul dalam bagian artikel-artikel dengan satu pokok bahasan pada tiap-tiap artikel yang dikelolah berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada biasanya tercetak dalam kerangka rangkaian buku secara tergantung pada total bahan yang disertakan"

Sebuah buku ensiklopedia lazimnya merupakan bacaan yang lengkap berdasarkan pokok bahasan tertentu. Sebab terdiri dari jumlah materi tentu saja hendak tersusun dari besar jilid buku, oleh sebab itu satu set ensiklopedia bisa berharga jutaan rupiah. Memang tidak menjadi masalah kalau yang memiliki duit cukup, tapi tidak jarang yang sangat memerlukan ensiklopedia namun tidak memiliki uang sedang untuk membeli mono set secara langsung, termasuk saya.

Kira-kira dua minggu dengan lalu, saya permisi sedang memerlukan buku-buku sejarah peradaban islam untuk bahan mengajar. Sampai ketemulah lebih kurang yang saya perlukan itu ada dalam Ensiklopedia Peradaban Agama islam (EPI) karya Dr. M Syafii Antonio. Sayangnya, harganya yang selangit (menurut tolok ukur saya) membuat predisposisi untuk memiliki Ensiklopedia tersebut terkendala. Pangkat 10 jilid EPI tersebut Rp 3. 950. 000, -.



Harga yang tak terjangkau, membuat abdi kemudian mencari-cari pada internet barangkali terdapat yang menjual Ensiklopedi tersebut secara eceran (per jilid). Kemahiran yang sudah-sudah, sejumlah kali membeli Ensiklopedia per jilid padahal dengan kondisi tempat. Namun rupanya bisnis saya belum berhasil, karena ternyata Ensiklopedi tersebut masih relatif baru diterbitkan. Sepertinya belum ada secara menjual buku bekasnya.

Sampai beberapa hari pencarian, ternyata saya cukup beruntung. Tanpa sengaja saya menduga iklan penjualan organ, dan ternyata meronce menjual Ensiklopedia Kebudayaan Islam secara eceran atau dijual bagi jilid. Bukunya sedang baru, tersegel plastik, namun judul atau volume yang sanggup dibeli tergantung sediaan.

Akhirnya terlaksanalah saya bisa memiliki EPI meskipun baru homo jilid yaitu Volume 3: Yerusalem. Harganya cukup terjangkau ialah Rp 350. 000, - per jilid belum termasuk ongkos kirim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar