Sabtu, 26 September 2020

Mengenal Bermacam-macam Senjata Tradisional Papua


Daripada Sabang datang Merauke, Nusantara memiliki banyak suku. Kebudayaannya pun sangat beragam. Hati busuk inilah yang membuat banyak sekali senjata serta benda tamadun lain yang bisa terlihat di seantero negeri. Papua merupakan satu diantara yang paling menarik untuk dikenal. Sederajat salah satu daratan paling timur di Indonesia, suku dalam Papua punya keunikannya terbelah. Anda mungkin juga ingin tahu tabel senjata tradisional khas daripada Papua. Banyak hal memukau yang dapat Anda temukan jika memilih2x yang ulung. Mengenal senjata dari salah satu suku di Indonesia bakal memperkaya wawasan Anda, lho!

Senjata pertama yang kudu Anda tahu dari puak Papua merupakan pisau cenangkas Papua. Senjata yang satu ini adalah salah satu senjata yang semua unik. Sosoknya ringkas laksana belati singkat dan memiliki rumbai-rumbai pada bagian belakangnya. Hal yang membuat senjata ini tambah menarik merupakan bahan pembuatannya, yaitu atas tulang burung endemic tertentu Papua, adalah burung kasuari. Pisau mandau Papua sebagai salah satu yang paling memikat karena wujudnya unik serta bahan bakunya yang tidak biasa. Gunanya adalah untuk menyayat uci-uci ketika kelompok suku berburu.

Senjata kedua dalam ruang senjata tradisional khas atas Papua ialah alat tusuk dari urat kuskus. https://www.satukalimat.com/ yang tunggal ini yaitu senjata yang dimiliki sebab suku Bazui. Mereka kadang kala berpindah rumah dari tunggal tempat ke tempat berbeda. Biasanya, tersebut tinggal dalam pinggiran waduk sehingga dapat memudahkan meronce untuk merobohkan rumah yang terbuat dari ranting dan dedaunan. Nah, instrumen tusuk yang terbuat dari tulang kuskus ini digunakan untuk berburu per warga tim Bazui. Umumnya mereka meninggalkan perburuan saat menunggu ruang panen.

Senjata ketiga adalah busur juga panah. Sepertinya, Anda sudah melihat tarian yang dikerjakan oleh orang Papua. Tarian eksotis ini biasanya dilakukan dengan memapah busur & panah guna properti tarian. Selain ini, busur dan panah pula biasa dipakai sebagai latar rumah di kediaman kelompok Papua. Bukan heran, lung dan busur juga mempunyai desain yang cukup tukang peras. Di lis itu, banyak sekali orang Papua yang menghasilkan sendiri busur dan panahnya. Maka, desainnya pun seringnya tampak unik dan menarik. Banyak juga lung panah yang dihias oleh karena itu tampak mengintimidasi lawan.

Nah, itu tadinya beberapa hati busuk seputar senjata khas Papua yang dapat Anda tahu. Selain ketiga senjata pada atas, masih ada sangat banyak jenis senjata yang dapat Anda dapatkan. Banyak juga yang menggunakan tombak sebagai senjata, sehingga membuatnya unik dan khas. Bila ingin mengarifi beberapa macam senjata utama Papua, Dikau juga dapat mencari tabel senjata tradisional khas daripada Papua, lho. Hal itu bisa membuat Anda lebih memahami pikiran di Indonesia dan mengeraskan wawasan tentang kekayaan akal budi di semesta kita.


referensi:
https://www.satukalimat.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Senjata

1 komentar: