Sabtu, 12 September 2020

Kegiatan Syukuran dengan Nasi Kotak

Budaya orang Indonesia jika menerima sesuatu atau sedang merayakan sesuatu umumnya selalu mengandalkan nasi kotak. Dimana nasi kotak ini bisa di peroleh ketika selesai menghadiri acara syukuran, acara bulanan kehamilan, acara ulang tahun dan lain sebagainya. Kini nasi kotak aneka menu sungguh-sungguh banyak, dan juga bisa disesuaikan layak pesanan.

Jika kita memperhatikan istilah syukuran yaitu kebiasaan baik yang telah dilaksanakan secara turun temurun. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap sang pencipta, seperti acara 4 bulanan kehamilan. Dimana pada umur 4 bulan, sedang diberikan ruh dan sebagainya. Diselenggarakannya acara 4 bulan berdoa supaya anak dalam kandungan bagus.

Lalu dikala mendapatkan sesuatu seperti setelah mendapatkan rumah baru, atau sesudah membeli mobil baru, atau malahan dikala bisa mencapai sesuatu maka orang-orang akan mengadakan syukuran. Ini hal yang bagus yang ada di kalangan masyarakat. Dan biasanya dimana ada syukuran karenanya disitu pula ada nasi kotak sebagai buah tangan para tetamu yang hadir.

Biasanya selain disediakan makanan berbentuk  prasmanan atau pun bukan, para tamu yang telah datang ke acara syukuran konsisten dibawakan buah tangan. Dapat tangan yang diberikannya bahkan tiap-tiap orang berbeda-beda, tapi biasanya mereka yang memberikan buah tangan berupa nasi kotak entah itu pesan atau membikin nasi kotak oleh si pembuat acara.

Isi nasi kotak yang biasanya menjadi buah tangan para tamu yang datang ke acara syukuran merupakan nasi dengan beraneka variasi lauk. Karena jadi lengkap seperti daging, sayuran, dan juga buah. Itu untuk nasi kotak yang bukan dipesan dari rumah makan. Kalau ada banyak juga orang yang memesan nasi kotak dari rumah makan.

Jika memesan nasi kotak dari rumah makan, apalagi memang rumah makan hal yang demikian terkenalnya dengan ayam, karenanya isi dari nasi kotak tersebut cuma ayam dan juga lalapan. Berbeda dengan nasi kotak yang umum orang-orang desa sajikan. Dimana nasi kotak aneka menu dikenalkan betul-betul lah lengkap sampai ada buahnya juga.

Untuk lauknya pun tak cuma ada ayam saja, tetapi ada sayur juga yang biasanya ada dua macam sayur. Karenanya lupa dalam nasi kotak hal yang demikian ada keripik.  https://dapurpatriot.com  dari itu jikalau dibandingkan antara kota dan di desa format syukuran lebih terasa hangat di desa.  pun dalam format nasi kotak juga berbeda.


Sumber :
https://dapurpatriot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar