Rabu, 09 September 2020

Ini Nih Ciri-ciri Isu Unik

Informasi menjadi salah satu konsumsi bagi manusia ketika ini. Untuk sebagian orang, input berita sangatlah penting. Info lazimnya dimuat dalam media masa seperti koran, majalah, layar kaca, radio, dan kini dunia maya dalam wujud laman atau platform video menjadi salah satu media masa baru. Dengan adanya dunia maya sesungguhnya betul-betul mempengaruhi persebaran isu itu sendiri. Penyampaian info menjadi semakin cepat dan juga padat yang membuat berita yang masuk ke kuping masyarakat semakin banyak.

Info yang ada ragam dan jenisnya sangatlah banyak, mulai dari kabar yang sifatnya berat seperti info melanggar hukum, politik, peraturan, dan ekonomi. Sampai pada kabar yang ringan dan menghibur. Tapi untuk menjadi informasi yang disenangi banyak orang, perlu adanya ciri khas tersendiri dari berita tersebut. Salah satunya adalah keunikan dari sebuah kabar yang dimuat.  Berita unik dapat didefinisikan sebagai kabar yang memiliki ciri khas atau berani tampil beda diperbandingkan dengan berita-isu lainnya. Keunikan dari sebuah informasi sebetulnya sungguh-sungguh banyak indikatornya. Indikator yang pertama ialah dari segi isi. Isi isu yang bisa dikatakan unik umumnya ketika sedikit \“nyeleneh\”  atau yang keluar dari template informasi pada lazimnya.

Berani tampil berbeda menjadi salah satu faktor kenapa muncul kabar-berita yang memiliki kekhasan tersendiri dan cenderung unik. Isi yang berbeda ini dapat bernilai positif tapi juga dapat bernilai negatif. Menjadi hal yang positif saat isi informasi tersebut rupanya dapat diterima dengan baik padahal isinya berbeda dengan info lainnya. Tapi menjadi suatu hal yang kurang bagus dikala berita yang diberi tahu keluar dari konteks yang sebenarnya.

Indikator lainnya yang dapat menjadikan sebuah penilaian dari keunikan sebuah berita adalah gaya bahasa yang dipakai penulis berita untuk menyampaikan informasi kepada pembacanya. Bahasa penyampaian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bahasa yang pas akan membuat pembaca kian mudah dalam memahami isi berita tersebut. Kabar unik umumnya akan memilih penerapan kata dan gaya penyampaian yang unik pula. Melainkan konsisten dengan mengamati siapa yang akan membaca berita tersebut. Tentu saja apabila berita hal yang demikian dibaca oleh kalangan penting bahasa yang dipakai juga wajib menyesuaikan mereka

Info lainnya merupakan bisa dipandang dari pemilihan judul info. Informasi unik biasanya akan memilih  https://astor.id/ -judul yang juga unik. Judul menjadi bagian pertama yang dipandang oleh pembaca sebelum membaca isi dari isu tersebut. Lazimnya itu, pemilihan judul yang unik dan tidak awam menjadi salah satu taktik supaya banyak orang yang membaca isu hal yang demikian. Meski berita-kabar yang dimuat dalam web internet memiliki judul-judul yang unik dan membikin banyak orang penasaran sampai hasilnya membuka situs tersebut untuk membacanya. Tetapi hakekatnya isi dari kabar hal yang demikian tak berbeda jauh dengan berita pada laman lainnya. Namun sebab dikemas dengan metode berbeda, membikin jumlah pembacanya juga berbeda.


Sumber :
https://astor.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar