Kamis, 07 Mei 2020

Jenis Ayam Yang Berbeda


Fauna adalah orang hidup yang memiliki hubungan erat dengan manusia. Saat zaman lewat, manusia menetap hidup dengan cara berburu. Mereka dengan bepergian serta juga bakal mencari fauna untuk tersebut makan. Namun, karena pemastian alam yang sulit juga kesulitan sepanjang hidup nomaden, membuat meronce memilih untuk menetap di satu tempat. Lalu itu sendiri start untuk berbuat domestifikasi pada hewan. Tentunya hewan peliharaan berfungsi untuk membantu dal berburu, serta diambil hasilnya dan pengerjaan ini langsung berjalan terlintas sekarang. Salah satu hewan yang dijadikan piaraan adalah ayam. Unggas yang satu tersebut memang terkadang kali kita lihat beserta dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, telurnya, jenis ayam yang bertubuh kecil , hingga sederajat hewan hias. Tapi tahukah Anda bila ayam swasembada ada kurang lebih jenis yang terbilang tukang peras. Nah, lalu akan bettor bahas beberapa jenis mandung yang unik.

Spesies yang perdana adalah mandung cemani. Mandung yang mono ini agaknya sering amat Anda dengar atau pernah melihat. Mandung yang mempunyai nama unik ayam kedua atau mandung selasih itu memiliki petunjuk pada badannya. Ayam itu sebagian buntal badannya bercorak hitam legam, mulai dari miang, paruh, kikir, mata lebih dari itu hingga bagian dagingnya pun berwarna warna hitam. Meski begitu, ayam yang satu itu tetap mempunyai darah berwarna merah serta telur yang berwarna putih / coklat. Mandung cemani meskipun berwarna warna hitam, namun pula bisa dimakan loh. Mandung cemani tersebut sendiri dibanderol dengan pajak yang mahal hingga jutaan rupiah. Selain dikonsumsi, mandung cemani pun dipercaya siap membawa kemujuran serta memiliki kekuatan lugu sehingga acap ditemui di upacara tata cara.

Lalu yang selanjutnya merupakan ayam serama. Ayam yang satu ini memang beda karena masuk ke jenis ayam berisi kecil sama halnya ayam kerdil. Meski demi, ayam serama sendiri mempunyai tubuh yang lebih yuwana ketimbang ayam kate. Ayam ini tunggal berasal dari negara Malaysia dan adalah jenis pertalian silang. Gambaran yang unik dari ayam serama ini adalah ukuran jasad yang kecil, dadanya yang mencuat, serta sayapnya yang lewat ke kolong. Ayam itu sendiri benar2 terlihat meriah dan kerap diadukan dalam kontes kebaikan. Harga yang dibanderol untuk ayam serama berkisar daripada ratusan seperseribu hingga puluhan juta terhenti dari kualitasnya.

Lalu rupa ayam yang ketiga adalah ayam ketawa. Ayam yang memiliki nama lain Ayam Manugaga / Ayam Nyali besar Dari Timur ini bersumber dari Kota Sindrap, Sulawesi Selatan. Walau secara fisik bentuk ayam ketawa menyerupai layaknya lucah lainnya, namun ayam itu memiliki kekhasan pada suaranya saat berkokok. Di puncak kokokannya, bakal terdengar laksana suara manusia yang selagi tertawa. Ayam ketawa tunggal sering dipertandingkan pada lomba berkokok olehkarena itu keunikan atas suaranya tersebut.

Itulah tadinya beberapa ayam yang unik, sejak jenis ayam bertubuh imut hingga berbadan hitam. Beserta keunikannya ini, tak jarang jika ayam ini jadi peliharaan bagi para kolektor ya.

referensi:
https://nusabudidaya.com/jenis-ayam-bertubuh-kecil-yang-terbaik/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_peliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar