Sabtu, 16 Mei 2020

Fitrah Anak Yang Semestinya Dikenal Orangtua


Mempunyai anak dan mendidik si kecil merupakan sebuah keharusan dan tanggung jawab orang tua. Dimana sebagai orang tua wajib lah mengajar anak dengan baik agar nantinya buah hati dapat menjadi orang yang bermanfaat untuk nusa, bangsa dan agama. Dan sebagai orang tua semestinya memberikan pendidikan kepada si kecil seperti pendidikan sekolah dasar hingga kuliah.

Membesarkan si kecil memang pada faktanya tak begitu gampang. Sebagai orang tua mesti paham porsi mendidik buah hati pantas dengan usianya. Ketika buah hati masih bayi atau masih berusia di bawah 6 tahun jangan lah dididik dengan caranya yang kasar atau dengan memarahinya. Pada usia seperti itu, si kecil lebih baik diberikan figur saja.

Itu si kecil telah berusia 6 tahun ke atas dan telah mulai mencontoh pendidikan sekolah dasar atau SD, metode mengajarnya malahan juga mesti berbeda dari usia sebelumnya. Tetapi tetap tidak boleh dengan cara memarahinya. Tetapi di kasih tuntunan yang bagus saja tanpa semestinya memarahinya. Cara mengajar buah hati memang harus berbeda sesuai dengan usianya.

Jika si kecil masih kecil dan masih belum mengenal mana yang benar dan mana yang salah, maka sebagai orang tua harus sabar dalam mengajar anak. Ketika masih berusia dini seperti itu, maka buah hati akan tak jarang berbuat salah. Nah sebagai orang tua seharusnya lah meluruskan kekeliruan buah hati seperti yang diajar Rasulullah SAW.

Ada sebagian sistem yang dilakukan oleh Rasulullah dalam meluruskan kesalahan anak. Cara yang pertama ialah meluruskan dengan rendah hati. Meluruskan kesalahan buah hati dengan rasa rendah hati artinya berbicara tanpa emosionil dan membikin buah hati merasa lebih tenang. Dan juga anak tidak akan merasa takut dengan kedua orang tuanya.

Lalu sistem yang kedua untuk meluruskan kesalahan anak menurut Rasulullah SAW yaitu memberikan alasan terhadap anak, mengapa ia tak diizinkan atau mengapa perbuatan itu salah. Dengan orang tua memberikan alasan terhadap tindakan dan tindakannya yang salah, karenanya akan membuat anak akan semakin lebih paham dan mengerti. Hal ini juga membikin si kecil berdasarkan.

Sistem ketiga dalam meluruskan kekeliruan buah hati yakni dengan menerapkan tutur bahasa yang lembut dan juga indah. Kecil-buah hati secara khusus yang masih kecil benar-benar suka kelembutan dan benar-benar tidak menyukai sekiranya dibentak-bentak. Dengan kelembutan dan juga estetika bahasa yang kita pakai maka akan membikin anak berharap mengikuti apa yang kita nasehati kepadanya.

Pada dasarnya pengajaran sekolah dasar seorang anak merupakan di rumah. Dimana mulai dengan dirumah dan apa yang anak liat dari orang tuanya, akan memastikan kepribadian dari anak tersebut. https://www.ahmadmarogi.com/ sifat dari seorang si kecil, perilaku buah hati terhadap sahabat-temannya ialah hal yang ditiru dari orang tuanya. Oleh karenanya kasihlah teladan baik kepada anak.

Sumber :
https://www.ahmadmarogi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar