Kamis, 09 April 2020

Prosedur Untuk Pemantapan Lab Kualitas


Laboratorium Kualitas merupakan sebuah daerah yang dibangun untuk meneliti kwalitas atau mutu suatu produk pangan sebelum didistribusikan ke masyarakat secara luas. Sebagaimana yang Kita kenal, sebuah produk yang akan digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat terutama dulu diteliti kandungan atau komposisinya apakah aman atau tak untuk masyarakat gunakan. Dan pengujian kandungan dikerjakan oleh para ahli yang kompeten dalam bidangnya sehingga bisa memberikan hasil penelitian yang pas dan jitu.

Dalam hal ini mutu dari sebuah produk atau jasa bukan hanya penting untuk pengguna produk saja tapi juga untuk pemasok produk. Kenapa? Sebab apabila suatu produk rupanya memiliki kualitas kwalitas yang buruk sehingga membikin pengguna produk memberikan keluhan, maka hal itu akan memberikan beban tambahan tarif tersendiri secara khusus bila sepatutnya dijalankan pembenaran atau ganti rugi.

Karenanya untuk meminimalkan kerugian yang seharusnya ditanggung, karenanya quality control produk wajib dilakukan dengan bagus dan benar. Adapun langkah untuk mempertahankan kualitas atau kwalitas bisa dilaksanakan dengan sebagian hal berikut ini. Yang pertama adalah dengan melaksanakan prosedur pantas dengan hukum standar yang sudah ditetapkan. Setiap laborat atau pegawai laboratorium harus menerima pelatihan secara khusus agar agar bisa melakukan penelitian sesuai standar SOP yang dilegalkan.

Kemudian Laboratorium Mutu akan mengerjakan dan mengerjakan evaluasi program quality control dengan metode tetap dan terencana dengan bagus. Semua format prosedur yang dijalankan selama progres penelitian dari mulai pengambilan sampel hingga mengerjakan uji coba dilakukan dengan sangat hati-hati untuk meminimalisir dijalankannya kesalahan bagus secara teknis maupun tak. Tujuannya yaitu untuk menerima hasil penelitian yang tepat dan memiliki tingkat jitu yang tinggi.

Sedangkan demikian itu, tetap saja ada kemungkinan untuk terjadinya kekeliruan yang dijalankan oleh para peneliti. Seandainya hal itu terjadi karenanya perlu dikerjakan tindakan preventif maintenance secara terpola tetapi konsisten. Perlu dijalankan penelitian ulang guna menerima hasil penelitian baru yang apabila layak dengan yang diharapkan. Penelitian baru dapat dijalankan 1 atau 2 kali lagi demi menerima hasil uji coba yang paling cermat.

Kemudian yang terakhir yaitu dengan mengupayakan adanya sistem kalibrasi alat dilakukan dengan mengacu pada standar internasional. Ada banyak sekali alat yang digunakan dalam prosedur penelitian kualitas yang dikerjakan oleh laboratorium. Nah sebagian alat akan memerlukan yang disebut sistem kalibrasi supaya agar hasil uji alat bisa menampakkan hasil yang cermat, ideal dan benar.

Tapi tidak tiap alat mempunyai metode kalibrasi yang sama. Kalau alat yang dipakai merupakan buatan dalam negeri, maka mungkin saja cara kalibrasi yang dipakai menerapkan cara kalibrasi secara nasional. Melainkan berbeda dengan alat yang dihasilkan dengan cara luar negeri, cara kalibrasi tentunya pantas dengan standar internasional dan tentunya bisa digunakan pada semua daerah yang memerlukannya. Labmutu langkah yang patut dilaksanakan untuk mempertahankan kwalitas Laboratorium Mutu.

Sumber ;
https://www.labmutu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar