Minggu, 26 April 2020

Penjelasan, Ciri-Ciri, Dan Macam Piutang


Dalam dunia akuntansi terdapat sebutan piutang. Tagihan adalah salah satu unsur aktiva lancar di dalam neraca perusahaan karena adanya penjualan produk barang / jasa, atau pemberian nomor pada debitur yang pembayarannya secara lazim diberikan dalam tempo saat 30 perian sampai 90 hari. Dapat dikatakan kalau piutang tersebut merupakan laporan kepada pihak lain yang bisa berperangai uang produk atau saham yang ditawarkan dan dijual secara kredit. Istilah tagihan dalam dunia akuntansi bisa kian dipersempit pengertiannya, yakni untuk menunjukkan adanya tuntutan mendapatkan pihak luar perusahaan oleh karena itu akan diselesaikan dengan memilikinya penerimaan sejumlah uang secara tunai.

Dengan umum tagihan timbul olehkarena itu adanya transaksi penjualan produksi barang atau jasa industri, yang mana pembayaran yang dilakukan sama pihak terjun akan dikerjakan sesudah tanggal transaksi komersial. Hal ini mengingat karena piutang yaitu harta ataupun aset dari perusahaan yang memiliki nilai amat penting maka itu harus terlalu dilakukan langkah standar yang wajar beserta cara-cara yang bisa menggembirakan dengan para debitur. Secara demikian oleh karena itu perlu untuk disusun unik prosedur yang tepat dengan demikian bisa menganjurkan dampak di kemajuan industri.


Untuk jati diri piutang otonom bisa dianalisis melalui lama tanggungan utang yang tentu dibayar sebelum waktu yang sesuai beserta kesepakatan. Ciri-ciri pertama piutang adalah memilikinya nilai jatuh waktu yang memaparkan penjumlahan sistem transaksi yang utama kemudian ditambahkan nilai kembang untuk dibayarkan di luruh jatuh tempo. piutang adalah dan contohnya itu yaitu adanya tanggal jatuh waktu yang sanggup diketahui atas waktu lamanya atau umur piutang. Selanjutnya adalah memilikinya bunga yang berlaku, dan pastinya debet terjadi sebab pembeli sudah biasa memutuskan untuk melakukan transaksi kredit dan menimbulkan adanya bunga. Interior hal itu, bunga dibayar sebagai kontrol pembeli.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari piutang, selanjutnya ialah mengetahui sejumlah jenis tagihan. Pertama ialah piutang jual beli yang yakni jumlah pembelian kredit daripada para pelanggan. Utang berikut timbul karena penjualan kira-kira ataupun jasa yang diperkirakan tertagih interior tempo waktu 30 hingga 60 perian. Kedua ialah piutang wesel tagih yang merupakan surah formal yang diterbitkan sebab pengukuran piutang. Wesel tagih sendiri ada waktu tagih kisaran 60 sampai 90 hari. Ke-3 adalah tagihan lain-lain yang mencakup piutang lainnya kecuali piutang dagang. Misalnya ialah piutang sekar, uang seri muka karyawan, sangkutan gaji, & restitusi pajak. Secara sudah biasa ini tidak lah berasal daripada kegiatan operasional perusahaan.

Itulah penjelasan kecil terkait secara piutang dalam dunia akuntansi. Bagaimanapun juga piutang merupakan sesuatu yang sangat krusial dalam satu buah perusahaan sebab akan amat mempengaruhi aset atau rezeki perusahaan. Kalau orang-orang yang berkecimpung dibidang akuntansi dalam perusahaan ataupun tempat-tempat yang lainnya mesti benar-benar paham hal-hal terkait dengan tagihan. Setidaknya kudu untuk paham ciri-ciri dan jenis-jenis tagihan secara lazim seperti yang sudah dijelaskan.

referensi:
https://www.kabaruang.com/2020/04/piutang-adalah-definisi-ciri-ciri-jenis-perbedaan-utang-piutang-dalam-akuntansi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Piutang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar