Selasa, 14 April 2020

Mengetahui Tipe-Tipe Kain


Kita tentu mengenal jikalau manusia punya 3 keperluan dasar yang penting untuk dimiliki. Ada pangan, papan, dan juga sandang. Sandang atau pakaian sendiri memang mempunyai fungsi yang bermacam-macam bagi manusia. Fungsi dasarnya tentu ialah untuk melindungi tubuh manusia dari panas, dingin, gangguan dari binatang dan lainnya. Fungsi dasar lainnya juga untuk menutupi beberapa bagian tubuh yang memang tak patut diperlihatkan ke publik. Selain fungsi dasar tersebut, terbukti baju juga berfungsi untuk menyuarakan kreativitas, ekspresi dan selera seseorang serta sebagai alat pengukur strata sosial. Variasi itulah yang membikin pakaian itu sendiri senantiasa berkembang seiring zaman. Bukan cuma tentang gaya atau ragam baju saja, namun juga dari bahan kain yang diterapkan. Ada tipe tipe kain yang acap kali digunakan untuk membuat pakaian dan pada tulisan kali ini akan kita bahas.

Jenis kain yang pertama yaitu kain sutra. Kain sutra sendiri diperoleh dari kepompong ulat sutra yang langsung dipintal dan ditenun menjadi kain. Kain sutra sendiri cirinya kuat serta tetap adem saat digunakan di cuaca panas karena kesanggupan meresap yang bagus. Kecuali itu, kain satu ini juga amat halus, pun dikala Anda menyentuhnya bahkan akan tahu sekiranya kain tersebut yakni sutra, dan juga mengilap. Selain seperti itu, kain sutra ini sendiri terbilang mahal sebab pembuatannya yang rumit. Jila dahulu bahan ini sering kali diaplikasikan oleh anggota kerajaan, karenanya ketika ini lebih sering digunakan oleh kaum hawa sebagai bahan gaun, dress, ataupun batik.

Lanjut ke bahan yang kedua yakni kain katun. Dari tipe tipe kain, sepertinya kain katun ialah ragam kain yang kerap sekali diaplikasikan oleh banyak orang. Kain katun berasal dari serat kapas yang dipintal menjadi benang lalu ditenun. Ciri dari kain ini yaitu memiliki tekstur yang terbilang halus dan lembut sedangkan tidak sehalus sutra, sirkulasi udara yang bagus, kapabel menyerap keringat dengan baik, gampang dirawat serta nyaman diterapkan. Selain itu, karena bahan bakunya mudah didapatkan membikin kain katun sendiri memiliki harga yang murah. Jenisnya yang pelbagai juga membikin kain yang satu ini kerap kali dipilih. Tipe sendiri bisa untuk kaos, pakaian, celana, dan lain sebagainya.

Macam kain yang ketiga ialah kain wol. Kain ragam ini umumnya terbuat dari serta bulu domba atau hewan lain seperti llama atau alpaca. Bahan wol sendiri bertekstur tebal dan juga berat. Kecuali itu, kain wol ini terbilang kuat serta elastis. https://kaoscakep.com/ yang berikutnya yaitu sanggup meresap kelembaban serta melindungi dari cahaya UV. Sebagian tak heran, lazimnya bahan wol diterapkan untuk pakaian di tempat yang dingin karena sifatnya yang menghangatkan tubuh. barang yang sering menerapkan kain wol yakni scarf, mantel, baju hangat, cardigan, jaket dan lain sebagainya.

Itulah tadi macam jenis kain yang biasanya tak jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Dengan berjenis-jenis tipe kain yang dipakai, tak heran jika gaya dan tipe pakaian akan terus berkembang ya!

Sumber :
https://kaoscakep.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar