Rabu, 08 April 2020

Mengetahui Peranan Staff Penerbangan


Staff penerbangan yaitu seorang karyawan yang bekerja dalam bidang penerbangan. Melainkan tugas mereka tersebut dibagi menurut penempatan mereka. Tugas tersebut mencakup tugas seorang ticketing di airport, operator, pelayanan complain, keamanan bandar udara, petugas yang memberi tuntunan penumpang pada pintu saat di bandar udara, petugas pengangkut barang penumpang, teknisi pesawat, dan masih banyak lagi.

Tetapi karyawan yang bekerja di bandara terbagi dalam beberapa kategori yang meliputi cabin crew, manajemen, avses, staff ground handling, dan lain-lain. Apabila anda penasaran dan berkeinginan mencoba karier di bandara karenanya anda patut menjalani sekolah di akademi penerbangan. Dikala anda berkeinginan mengawali sekolah maka anda disuruh untuk memilih sebagian jurusan yang berharap anda pilih. Jurusan tersebut meliputi staff penerbangan, pramugari dan AVSEC.

Tapi banyak orang yang lebih memilih mengambil jurusan di staff penerbangan. Untuk itu akan dibahas mengenai beberapa tugas dari staff penerbangan. Staff penerbangan sendiri memiliki arti seseorang yang berprofesi di suatu maskapai penerbangan ataupun di airport yang bertujuan untuk melayani penumpang dan juga menentukan segala aktivitas dalam penerbangan di bagian pelayanan untuk para pengguna jasa penerbangan supaya berjalan lancar, terkendali dan aman.

Staff penerbangan ini memiliki tugas yang mencakup tugas seorang ticketing di bandar udara yang bekerja untuk melayani karcis, percetakan boarding pass, ruang tunggu, ketidakhadiran, petugas pengendalian muatan pada komponen bagasi, petugas penanganan masalah ketika pesawat sedang delay, petugas tata letak bagasi di pesawat, dan lainnya. Perlu kalian kenal juga bahwa tugas untuk staff penerbangan sendiri amat banyak.

Tugas dari staff penerbangan sendiri mencakup data jumlah penumpang, melayani check in, memastikan penerbangan yang sesuai jadwal, dikala terjadi perubahan jadwal penerbangan staff penerbanganlah yang mengambil kendali untuk memberitahu pada penumpang dari gerbang menuju pesawat, membantu penumpang jikalau penumpang membutuhkan pertolongan, mengecek karcis setiap penumpang pesawat, menyerahkan data para penumpang pesawat terhadap cabin crew apabila sewa penumpang sudah ada dan dipastikan telah di dalam pesawat, dan masih banyak tugas lainnya untuk staff penerbangan.

Padahal tugas staff airport adalah melayani para penumpang sebelum penumpang berangkat dan sesudah penumpang pesawat tiba di airport untuk tempat tujuan. Tugas tersebut mencakup check in counter adalah petugas yang ditempatkan untuk penumpang lapor complain kalau penumpang berharap menggunakan jasa penerbangan. Ada juga gate officer atau yang sering disebut dengan boarding gate, staff kargo handling dan ticketing officer.

Berikut ini akan dibahas mengenai tugas seorang ticketing di bandara atau yang tak jarang disebut dengan ticketing reservation. Adapun tugas seorang ticketing mencakup melayani dalam hal penjualan tiket pesawat, melayani pembookingan karcis atau menghitung rencana untuk rute dalam hal biaya tiket dan yang terakhir yakni memutuskan dan menandai tiket kemudian memberikan kepada penumpang boarding pass.

Sumber :
https://www.ishabripedia.us

1 komentar: