Rabu, 15 April 2020

Kudapan Pie Susu Khas Bali Yang Lezat


Saat berkunjung ke Bali karenanya salah satu hal yang tidak pernah terlupakan untuk dibawa sebagai oleh-oleh ialah pie susu. Perlu dikenal bahwa pie susu Bali yaitu kudapan manis pie yang mempunyai cita rasa khas manis dan sangat cocok di lidah segala orang. Hakekatnya bila berkeinginan membuat makanan khas Bali ini sangatlah mudah karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangatlah simpel. Perlu diketahui bahwa padahal pie susu ini adalah makanan khas Bali yang sering dihasilkan sebagai oleh-oleh tetapi kongkritnya kue pie susu asal awalnya bukan dari Bali. Hakekatnya ada cukup banyak versi yang menerangkan berkaitan dengan sejarah dan perkembangan dari kudapan manis pie susu ini.

Nama lain dari pie susu yaitu egg tar, dan kebanyakan orang asing menyebutnya sebagai egg tart. Banyak yang percaya bahwa asal mula dari camilan khas Bali ini sesungguhnya berasal dari Eropa. Melainkan masih banyak versi lainnya yang menerangkan berhubungan dengan asal mula dari pie susu. Tak sedikit orang yang kemudian menceritakan bahwa kue pie ini asalnya dari https://piesusugita.com/ , Portugis, pun ada pula yang menyebutkan bahwa kue ini yakni kudapan manis yang berasal dari negara Asia Timur terutamanya negara Hongkong.

Melainkan jikalau diperhatikan sebenarnya di negara Hongkong cukup banyak dijumpai kue sejenis pie susu dengan varian rasa yang berbeda-beda. Pada mulanya pie susu disajikan oleh seseorang yang bernama Tengs Cha Chaan pada tahun 1940-an. Ia adalah orang Hongkong dan setelah dia menyampaikan kudapan manis pie ini, banyak orang yang mengenalnya dan cafe.

Memang benar bahwa kue sejenis pie susu Bali ini acap kali ditemukan di negara Hongkong namun sebetulnya kudapan manis hal yang demikian mengadaptasi dari tart custard yang berasal dari Inggris. Pengerjaan adaptasi ini amat mudah dilaksanakan sebab pada dasarnya Hongkong yakni eks koloni Inggris. Dan pada saat itu ada orang ompong yang diperkirakan mengerjakan kontak dengan orang Inggris yang diperkirakan pembawa adanya pelaksanaan adaptasi itu.

Rupanya pie susu juga mempunyai varian rasa yang bermacam variasi dan tentunya disesuaikan dengan selera tiap orang. Dengan adanya varian rasa tersebut karenanya tiap orang dapat memilih layak dengan rasa yang diinginkannya atau dapat mencicipi rasa lainnya. Bagi yang berkunjung ke Bali dengan tujuan apa pun karenanya tak boleh terlewatkan untuk membeli pie susu ini. Apalagi pie susu yakni salah satu makanan khas Bali yang menjadi favorit bagi setiap orang dan benar-benar populer.

Tidak perlu khawatir sebab pie susu Bali yang dipasarkan dan sering ditemui ialah makanan yang halal karena untuk membikin kue yaitu mentega bukan lemak babi seperti halnya di Hongkong. Dengan demikian karenanya makanan ini aman dikonsumsi oleh siapa malahan. Jadi tidak perlu kebingungan lagi dikala berkeinginan mencari oleh-oleh bila berkunjung ke Bali.

Sumber :
https://piesusugita.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar