Selasa, 17 Maret 2020

Tips Mengemudi Mobil Untuk Pertama Kalinya


Salah satu yang paling melelahkan yakni aktivitas mengemudi yang berjarak jauh. TruckerId.net ini tentu memerlukan jasmani yang kuat dan faktor lain yang berkaitan dengan menyetir kendaraan beroda empat/kendaraan. Banyak orang tidak mengamati tips mengemudi atau malahan tahu mengenai sistem yang aman dan bagus yang dapat dilaksanakan dikala berkendara jarak jauh sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan kecelakaan saat di perjalanan.

Hal penting yang dapat dikerjakan ketika hendak mengerjakan perjalanan dengan jarak jauh yaitu dengan menyiapkan pelbagai kebutuhan yang diperlukan. Persiapannya seperti jasmani, bekal selama perjalanan hal ini ialah hal dasar yang perlu dipersiapkan saat hendak berkendara. Sebagian tips mengemudi dengan perjalanan yang cukup jauh merupakan:

1. Melaksanakan pengkondisian tubuh sebelumnya yaitu dengan beristirahat yang cukup. Jika situasi badan fit maka perjalanan kan enak, bila kurang rehat maka yang ada akan ngantuk dan bisa mengganggu fokus dikala menyetir terpenting dikala melihat ke arah jalan. Tambahan lain merupakan tak mengonsumsi suplemen yang bisa menyebabkan kantuk. Sekiranya dalam perjalanan badan lelah dan mulai mengantuk karenanya bus istirahat sejenak untuk menyegarkan badan dengan tidur 2-4 jam agar bisa segar dan fokus mengemudi kembali.

2. Pastikan keadaan kendaraan dalam keadaan yang betul baik dari bagian luar ataupun mesin yang ada di dalam. Mesin yang ada di dalam air radiator, oli, ban, rem dan bagian yang lain. Lakukanlah servis sempurna sebelum mengerjakan perjalanan yang cukup jauh, dan pastikan telah ter servis semua sampai kendaraan benar-benar bisa layak dipakai. Selanjutnya pastikan beban yang diangkut tak berlebih dari kapasitas kendaraan.

3. Jadikan posisi duduk bagi yang mengemudi nyaman dikala berkendara. Hal ini bisa dikerjakan dengan membikin posisi duduk dan sandaran kepala , punggung menjadi lebih nyaman. Spion juga sepatutnya dikondisikan supaya pesat dan berfungsi dengan bagus melihat keadaan kanan atau kiri di belakang.

4. Sistem selanjutnya yakni dengan peduli pada kondisi sekitar mobil, melakukan pengeraman dengan hati-hati, karena pengereman mendadakan akan membahayakan. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Tidak lupa untuk menyalakan lampu sen apabila berkeinginan belok ke kanan atau ke kiri, ini sangat berkaitan dengan kendaraan yang ada di belakang kita. Tidak melaksanakan panggilan telefon atau bahkan mengirim pesan ketika mengendara.

Demikianlah beberapa kiat mengemudi dalam perjalanan yang berjarak jauh. Banyak orang yang mungkin sudah mengenal beberapa tips diatas tetapi kadang tidak ingat atau mengabaikannya sehingga lalai dan memunculkan permasalahan. Ada bagusnya untuk saling mengingatkan dan mawas diri untuk tidak melalaikan tips-kiat atau tata tertib berkendara yang ada. Kalau regulasi sudah ditaati karenanya kembalinya akan bagus ke diri kita, karena keselamatan merupakan segalanya bukan mengejar sampai dan memungkiri semua hukum yang ada dan malahan berdampak yang tak baik hasilnya.

Sumber :
https://www.truckerid.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar