Senin, 23 Maret 2020

Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10


Arti ayat Quran memiliki maknanya tersendiri yang dikhususkan untuk tujuan dan maksud tertentu pula. Alquran sebagai kitab suci bagi umat islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw berisi firman Allah swt yang memuat pedoman hidup bagi umat manusia. Amat banyak sekali fungsi Alquran, secara garis besar diantaranya fungsi dalam agama islam, fungsi bagi kehidupan manusia, serta berfungsi sebagai sumber ilmu.

Alquran diciptakan dasar tata tertib Islam dan menjadi sumber syariat islam yang mempunyai berjenis-jenis manfaat bagi kehidupan manusia. Bahasa autentik Alquran merupakan bahasa arab yang sampai kini masih dipertahankan untuk menjaga originalitasnya. Tapi nabi Muhammad sebagai seorang rasul yang dipercaya menerima wahyu berupa Alquran ditugaskan untuk memperkenalkan dan menafsirkan Alquran terhadap umat Islam.

Good Threads llc saat ini, Alquran sudah diterjemahkan ke dalam bermacam bahasa sehingga dapat lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh umat islam di beragam belahan dunia. Sebagai petunjuk hidup umat islam Alquran memiliki pelbagai fungsi seperti yang digambarkan sebelumnya. Tiap arti ayat Quran sendiri memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Alquran berfungsi dalam agam islam diantaranya sebagai petunjuk (Al-Huda) bagi orang-orang yang beriman, sebagai pemisah (Al-Furqon) antara yang hak dan batil, sebagai obat (As-Syifa) seluruh penyakit mental yang akan memberikan pencerahan bagi pembacanya, serta sebagai nasehat (Al-Ingin’izah) yang bisa diwujudkan sebagai pelajaran di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Kemudian fungsi Alquran bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu sebagai petunjuk jalan yang lurus bagi umat manusia dimana di dalamnya sudah dengan terang dibeberkan mana yang baik dan salah, yaitu mukjizat bagi Nabi Muhammad saw yang menjadi seluruh sumber regulasi, kemudian menerangkan kepribadian manusia yang membedakannya dengan makhluk lainnya, lalu sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya, menjelaskan problem yang pernah terjadi di masa lalu supaya dapat menjadi pelajaran dan tak mengulangi kekeliruan umat sebelumnya, serta sebagai tuntunan dan pedoman untuk menjalani kehidupan.

Fungsi Alquran berikutnya merupakan sebagai ilmu tauhid yang yaitu ilmu kalam dalam Islam yang berfungsi memperkuat iman dalam agama islam, kemudian Alquran juga berfungsi sebagai ilmu undang-undang yang ada di dunia seperti regulasi pernikahan, zakat, warisan dan lain-lain. Selain itu Alquran kemudian berfungsi juga sebagai ilmu tasawuf sebagai sistem untuk mensucikan jiwa, budi pekerti, dan batin. Alquran sebagai ilmu filsafat islam yang berkaitan ilmu kalam dengan filsafat yang dikembangkan oleh cendekiawan muslim, serta sebagai ilmu sejarah islam dan ilmu pengajaran islam sebagai sumber utama mempelajari islam.

Beberapa fungsi yang telah ditunjukkan di atas yakni cuma sebagai garis besar saja. Sehingga bila ditafsirkan tiap arti ayat Quran mempunyai fungsi dan keutamaan yang spesifik lagi. Jadi bagi umat islam Alquran yaitu kitab suci yang tidak dapat ditawar lagi untuk menjalani kehidupan.

Sumber :
https://www.goodthreadsllc.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar