Senin, 23 Maret 2020

Kenali Tipe Burung Jalak Alis Api Kicau Jenis Burung Kicau Endemic


Burung Jalak Alis Api adalah macam burung kicau endemik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Burung ini mungkin masih asing diantara variasi burung yang lain, tetapi seperti jenis jalak yang lain agak mirip cuma yang membedakan ialah alisnya yang merah bagai api. Itulah mengapa macam burung ini disebut burung Alis Api. Resiko kepunahan burung ini juga cukup rendah sehingga tak begitu mengkhawatirkan.

Nama latin burung endemika yang berasal dari Sulawesi Selatan merupakan burung Jalak Alis Api adalah Enodes Erythrophris Leptorhynchus dan termasuk ke alam keluarga Sturnidae atau keluarga Jalak. Burung ini mempunyai nafsu makan yang cukup tinggi dan bisa dibilang rakus. Diantara tipe jalak yang lain, yang ini cukup paling rakus. Sebab nafsu makanya yang cukup tinggi dan makannya juga banyak, kotoran yang dikeluarkan juga banyak. Burung ini dapat hidup di alam bebas seperti pada hutan, pegunungan dan juga dataran rendah lain.

Burung Jalak Alis Api ini bisa hidup di dataran rendah yang memiliki ketinggian antara berkisar antara 1000 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Sebagian macam burung ini bisa bertahan pada ketinggian diatas 2300 meter di atas permukaan laut. Burung ini tak berkoloni dalam jumlah besar, cukup berdampingan dengan pasangannya. SuhuKicau.com ada juga variasi yang berkoloni besar walau tak banyak. Pakan dari burung ini ialah buah- buahan, malahan dapat dibilang buah-buahan adalah pakan utamanya.

Harga dari burung Jalak alis Api ini juga pelbagai dan dapat dikatakan tidak murah. Hal ini sebab burung ini memiliki keindahan pada bulunya sehingga dikatakan tipe jalak yang sangat unik. Burung yang jantan membangun anjurannya pada batang-batang pohon. Ketinggian pohon yang lazimnya dijadikan sarang berukuran tinggi sekitar 4 meter diatas permukaan tanah. Burung betinanya umumnya akan bertelor sekitar 3-4 butir dengan masa eramnya antara 2 pekan.

Karakteristik burung kicau yang satu ini diantaranya adalah: Mempunyai panjang tubuh sekitar 27 cm sampai 28 cm. Pada sisi kepalanya, pada wajah dan juga pipi terdapat warna hitam keabuan. Sementara itu pada bulu bagian bawah tubuhnya juga mempunyai warna yang sama, terlebih pada bagian dada, perut dan tenggorokan. Pada Komponen atas kepala burung ada warna kemerahan. Mulai dari lubang hidung, alis mata sampai tengkuk. Bunyi burung ini juga merdu, sayap burung ini berwarna hijau kecokelatan banyak disebut hijau zaitun.

Demikianlah karakter dari tipe burung kicau Burung Jalak Alis Api. Burung ini tentu bisa menjadi incaran para kolektor burung. Dari yang telah diuraikan diatas, burung ini tentu nampak sungguh-sungguh menarik bukan? Perawatannya juga kelihatannya lebih mudah. Sekian dari kabar yang bisa diberi tahu, semoga kabar ini bisa menjadi info yang berguna.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar