Jumat, 07 Februari 2020

Tugas serta Manfaat Operator Produksi


Saat mendengar kata operator dalam hal produksi pasti sudah tidak asing lagi bagi kita segala. Seorang karyawan operator produksi umumnya mengerjakan hal yang terkait dengan produksi barang pada sebuah perusahaan. Karyawan yang berprofesi sebagai operator ini berprofesi untuk mengoperasikan peralatan yang ada di pabrik atau suatu perusahaan. Karyawan yang berprofesi sebagai operator ini juga biasanya yang bertanggung jawab untuk memastikan produksi barang mentah menjadi barang yang dikemas ataupun di pasarkan. Seorang karyawan yang berprofesi sebagai operator semestinya mengikuti prosedur yang berlaku di perusahaan tersebut.

Prosedur ini seharusnya diaplikasikan oleh operator produksi dengan betul-betul baik. Karyawan yang bekerja sebagai operator ini mempunyai beberapa tugas dan juga tanggung jawab yang patut dijalankan. Seorang operator ini sepatutnya memiliki keahlian dan sudah lewat berjenis-jenis pelatihan untuk menjadi operator. Pelatihan untuk seorang operator tentunya berbeda dengan pelatihan pekerja pada lazimnya. Tiap-tiap perusahaan memiliki prosedur yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan bahan atau produk yang bermutu baik cocok dengan standar yang dimilikinya.

Seorang operator pada bidang produksi ini juga biasa dikenal dengan operator mesin. Operator yang mengoperasikan kelengkapan manufaktur yang menyokong berjalannya pelaksanaan produksi pada suatu perusahaan. Seorang karyawan yang bekerja sebagai operator harus mampu menangani mesin. Selain itu, seorang operator juga memiliki tugas untuk memelihara mesin yang ada. Tugas - tugas dari staf operator yang menangani produksi yakni bertanggung jawab dalam pelaksanaan berlangsungnya produksi dan juga kwalitas produksi yang ditanganinya.

Seorang operator juga patut mengoperasikan mereka mesin yang diaplikasikan untuk pengerjaan produksi dan juga mempunyai tugas untuk mengatur progres produksi yang ada. Seorang karyawan yang bekerja sebagai operator juga bertanggung jawab untuk merencanakan pelaksanaan produksi dan juga kebijakan yang mungkin akan diambilnya. Pengontrolan bahan, progres produksi, juga menjadi tugas dari operator tersebut. Menjadi seorang operator juga perlu memiliki beberapa keahlian untuk mendukung pekerjaannya. Keahlian yang harus dimiliki oleh operator ini merupakan mampu memahami mengenai kesehatan dan juga keamanan dalam bekerja.

Dalam menjadi seorang karyawan operator juga perlu memiliki kedisiplinan yang tinggi. Keahlian juga perlu untuk dimiliki oleh seorang pekerja operator produksi. Komunikasi yang dibutuhkan juga mesti baik. Komunikasi ini dialamatkan untuk berkoordinasi. Seorang operator juga perlu mempunyai latar belakang pendidikan minimal yaitu D3. Umumnya pada suatu perusahaan yang membutuhkan karyawan operator ini mencari seorang yang memiliki latar belakang minimal pendidikan D3. Nah itulah tadi sebagian tugas dan fungsi dari operator dalam hal produksi. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, untuk kalian yang ingin berprofesi sebagai karyawan operator mesti mampu bekerja di bawah tekanan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber :
https://www.transkerja.com/2014/03/tugas-dan-fungsi-operator-produksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar