Jumat, 07 Februari 2020

Metode Menghemat Kapasitas di Hardisk


Hardisk memang sungguh-sungguh penting sekiranya karena dapat menjadi sebuah ruang penyimpanan yang ada di laptop untuk menyimpan info dan data. Akan tapi seandainya kita mempunyai hardisk tentunya kita juga mesti menjaga hardisk yang kita punya sebab kalau hardisk yang kita punya rusak maka performa computer atau komputer jinjing juga akan termakan misalnya akan lemot. Bila kita menyimpan data di hardisk tentu saja data yang kita simpan juga tak akan sirna akan tapi ruang penyimpan di hardisk lama kelamaan juga akan habis untuk itu kita wajib menghemat ruang penyimpanan di hardisk. Adapun kiat menghemat ruang di hardisk akan di bahas di artikel ini.

Hardisk adalah sebuah media penyimpanan yang memiliki ruang penyimpanan cukup besar. Jika kita menggunakan hardisk meskipun memiliki ruang penyimpanan yang besar tentunya kita juga patut menghematnya supaya ruang penyimpanan di hardisk juga awet. Pada hardisk maka akan menaruh data Anda yang diwujudkan oleh pelaksanaan yang dilakukan computer maupun komputer jinjing, ruang penyimpanan yang digunakan untuk menaruh sebuah data menggunakan komponen bagian tertentu.

Ruang penyimpanan yang ada pada hardisk antara lain subdirektori, sub folder, folder ataupun direktori yang mana dipakai untuk ruang penyimpanan di dalam hardisk. Dengan fasilitas yang cukup besar karenanya dapat diaplikasikan untuk menyimpan sebuah data yang ada di computer maupun di laptop dengan ukuran byte. Agar data yang disimpan banyak dan kapasitas hardisk tak terlalu penuh karenanya dapat menggunakan tips mengemat ruang di hardisk yang akan di ulas sebagai berikut.

Kiat pertama ialah mematikan hibernation. Di dalam hardisk ada fitur dimana kita bisa mengatur kapasitas dengan sistem menonaktifkan atau mematikan fungsi pada hibernation system komputer jinjing maupun computer. Hibernation yang ada pada computer ataupun notebook kalau dalam keadaan aktif karenanya bisa berfungsi sebagai penghemat ruang penyimpanan hardisk dimana mengurangi kapasitas RAM yang ada di hardisk.

Kiat kedua yakni dengan memakai kompresi. Anda dapat menghemat ruang penyimpan hardisk dengan metode kompresi yang yaitu suatu fasilitas yang disediakan oleh computer. Dengan menggunakan kompresi ini maka kita bisa menata dan memperkecil file sehingga hardisk yang kita miliki menjadi lebih hemat.

Selanjutnya bisa menghapus file yang tidak kita gunakan atau menghapus file yang tidak penting. Bila Anda menaruh suatu file maka benar-benar dianjurkan untuk menyimpan file yang ialah file yang penting. Hal ini agar tidak memenuhi suatu penyimpanan yang ada di dalam hardisk atau pemborosan ruang penyimpanan hardisk. Supaya ruang penyimpanan pada hardisk Anda hemat karenanya Anda bisa menghapusnya melalui delete pada ruang yang ada di recycle bin. Itulah beberapa kiat menghemat ruang di flashdisk yang dapat Anda lakukan.

Sumber :
https://www.komputertips.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar