Selasa, 28 Januari 2020

Variasi Samudra Lengkap Dengan Penjelasannya


Samudra yakni lautan luas yang mengelilingi benua. Samudra ini memiliki perbedaan dengan laut sebab laut hanyalah kumpulan air yang memutari daratan yang sempit ialah pulau yang lazimnya relatif sempit. Samudera ini ditunjukkan secara detail di Materi IPS yang mana membahas secara mendalam berhubungan samudera.

Ada berjenis-jenis teori yang menjelaskan berkaitan penyusunan samudra yang mana dikenal dengan adanya teori wagner. Dikala berbincang-bincang permasalahan samudra pastinya kita juga patut mengetahui berkaitan tipe dan ragam-jenis samudra beserta letak di benua mananya. Berikut yakni variasi-tipe samudra yang ada di dunia.

Seperti yang ada di Materi IPS, ada berbagai jenis samudra yang dikenal dikala ini. samudra yang pertama yaitu samudra antartika. Samudra ini berada pada titik koordinat 65 garis lintang selatan dan garis 0 pada bujur timur. Samudra ini adalah samudra terbesar no 4 yang ada di dunia. Suhu yang ada di samudra ini semacam itu dingin dan bervariasi mulai dari -2 sampai 10 derajat celcius. Sehingga tak heran bila samudra ini tertutupi oleh es semua bagiannya.

Variasi samudra yang selanjutnya adalah samudra Pasifik. Samudra ini memiliki luas yang paling besar yang mana luasnya melebihi daratan yang ada di bumi. Samudra ini memiliki batas geografis mulai dari benua Asia hingga Australia pada sebelah baratnya. Pada sebelah timur ialah benua Amerika serta pada komponen selatan dan utara adalah antartika dan samudra arktika. Sedangkan Negara yang berbatasan segera dengan samudra ini akan disebut dengan selat malaka.

Samudra Hindia ialah variasi samudra yang terbentang dari bagian selatan benua Asia, barat benua Afrika, timur semenanjung Malaya, sampai bagian selatan yakni benua antartika. Samudra ini memiliki keunikan kalau dibandingi dengan jenis samudra yang lain yakni pengaplikasian nama Negara Indonesia dan India sebagai nama samudranya.

Samudra atlantik yaitu tipe samudra terbesar ke dua yang ada di dunia setelah samudra Pasifik. Samudra ini mencakup 1/5 luas total bumi sehingga menduduki nomor dua. Samudra selanjutnya merupakan samudra Atlantik. Di mana samudra ini memiliki kawasan yang lebih besar merupakan 4 kali daripada samudra Pasifik. Materi Sosial atlantik ini berasal dari mitologi Yunani yang berarti laut atlas. Pasalnya, samudra ini melalui garis khatulistiwa atau garis ekuator yang menyebabkan samudra ini terbagi menjadi 2 wilayah yaitu atlantik utara dan atlantik selatan.

Jenis-jenis samudra ini umumnya akan hadir di Materi IPS dalam sekolahan. Samudra ini yaitu bagian berita yang tak dapat ditinggalkan sebab menjadi wawasan penting sebagai isu lazim yang perlu diketahui. Jadi, samudra mana yang menjadi batas dan paling dekat dengan Negara kita? Yuk simak beritanya dari kini.

Sumber :
https://ipsterpadu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar