Jumat, 31 Januari 2020

Tipe-tipe Peta Dan Fungsinya


Semua orang pasti tahu peta itu apa, peta sendiri yaitu ilustrasi permukaan bumi yang ditampilkan pada sebuah bidang datang dalam skala tertentu. Jadi jika mau tahu berapa luas sebuah negara atau benua bisa dihitung menurut skala peta benua hal yang demikian. Untuk benar tidaknya luas benua tersebut tergantung cara menghitung skala peta benar atau tak, bila perhitungannya salah pasti akan salah juga kesudahannya. Tiap benua pasti punya skala yang berbeda-beda, sebab pada aslinya luasnya juga berbeda-beda. Cara perhitungan yang benar adalah skala dikalikan dengan jarak sebetulnya. Kecuali dapat menjadi tolok ukur dalam perhitungan jarak ini peta punya manfaat lainnya, untuk tahu manfaatnya apa saja berikut penjelasannya

Manfaat yang pertama yaitu sebagai penentu atau tolok ukur menghitung jarak satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Jadi tak perlu datang ke lokasi hakekatnya untuk tahu jaraknya karena dari peta saja sudah ketahuan jarak tersebut. Lazimnya di peta telah ada keterangan berapa skala jarak di peta dengan jarak dengan yang aslinya, jadi tinggal berpatokan pada skala hal yang demikian saja. Dengan adanya peta ini masyarakat jadi tak perlu lagi repot-repot wajib datang ke kota pertama ke kota ke dua untuk dapat mengevaluasi jaraknya.

Manfaat kedua merupakan untuk menjadi tolok ukur mengenal arah dari satu daerah ke tempat lainnya, jadi sekiranya sedang tersesat di kawasan yang tak ditahui peta inilah yang akan menolong. Biasanya kalau sedang bepergian ke lokasi atau tempat baru akan selalu membawa peta, karena tiap wilayah pasti ada petanya dan kawasan hal yang demikian dapat diketahui dengan menghitung skala peta. https://www.materiumum.com mengandalkan peta ini kadang jikalau pergi ke lokasi baru sekalipun tak jadi permasalahan sebab dapat hingga ke lokasi yang memang akan dituju.

Manfaat ketiga adalah menjadi pemberi berita perihal keadaan sebuah lokasi, kadang seandainya ingin tahu apa iklim sebuah negara dapat dengan memanfaatkan peta ini. Sebab ada peta yang malahan khusus membeberkan cuaca, iklim, keadaan tempat di sebuah negara dan juga untuk tahu berapa jumlah populasi di negara tersebut. Jadi sekiranya berharap bepergian ke negara lain, bisa mempersiapkan dahulu apa yang diperlukan saat berkunjung ke negara hal yang demikian.

Manfaat keempat ialah sebagai barometer membuka usaha, jadi seandainya mau membuka sebuah usaha dapat memanfaatkan peta juga. Umpamanya merupakan bila berharap membuka usaha tambak bisa lihat daerah mana yang baik untuk membuka tambak, maka yang akan dipilih ialah lokasi dekat laut.

Jadi manfaat peta bukan saja untuk menjadi gambaran sebuah wilayah saja namun masih banyak manfaat yang lainnya yang benar-benar berkhasiat untuk masyarakat. Makanya masyarakat perlu tahu sekali semua hal seputar peta, bagus itu tipe peta atau menghitung skala peta.

Sumber :
https://www.materiumum.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar