Kamis, 23 Januari 2020

Peuyeum Oleh-Oleh Khas Sunda


Bandung adalah salah satu kota tamasya yang sungguh-sungguh menakjubkan. Banyak para wisatawan datang dari bermacam-macam kota untuk merasakan obyek wisata di kota Bandung. Namun perlu dikenal pula bahwa Bandung juga diketahui dengan wisata kulinernya yang betul-betul lezat. Salah satu makanan khas Bandung merupakan peuyeum. https://silausurya.com/ ke wilayah Bandung karenanya semestinya untuk membeli peuyeum oleh-oleh khas Bandung yang mempunyai cita rasa manis ini. Ada banyak olahan peuyeum yang amat kreatif sehingga peminatnya bahkan tidak bosan untuk mencicipi kenikmatan peuyeum ini.

Peuyeum adalah makanan khas daerah Bandung yang bahan dasarnya ialah singkong. Makanan ini konsisten eksis dari zaman dulu sampai kini dan tetap terjaga cita rasanya. Pada zaman dahulu, masyarakat autentik Bandung senantiasa memanfaatkan hasil buminya seperti halnya singkong. Sebab singkong ialah salah satu hasil kebun yang sangat berlimpah di tanah Sunda. Kemudian singkong ini diolah menjadi makanan peuyeum untuk bisa menghangatkan tubuh karena kota Bandung mempunyai suhu yang rendah. Peuyeum ini adalah singkong fermentasi sehingga saat dikonsumsi malah bisa menghangatkan tubuh.

Tak cuma memberikan efek yang hangat di tubuh, peuyeum oleh-oleh khas Bandung ini mempunyai cita rasa yang sangat khas. Pada dasarnya ada dua jenis peuyeum yang benar-benar familiar di kota Bandung. Yang pertama ialah peyem dengan bahan dasar singkong yang paling tak jarang dijumpai. Kedua ialah peyem dengan bahan dasar beras ketan. Namun ketika berkunjung ke kota Bandung lazimnya banyak orang yang lebih tak jarang menjual peuyeum singkong diperbandingkan peuyeum beras ketan. Sebetulnya peuyeum ini mirip dengan tape melainkan terdapat perbedaan antara keduanya. Tape memiliki rasa yang lebih manis tetapi teksturnya lebih lembek dan cair sehingga tak tahan lama.

Untuk cara kerja pembuatan peuyeum sendiri tergolong cukup mudah. Pertama adalah dengan mengupas singkong dan dipotong menjadi beberapa komponen. Tetapi ada juga peuyeum yang tak dipotong sama sekali sehingga ukurannya lebih besar. Setelah itu singkong dicuci sampai bersih lalu direbus pada air sampai mendidih. Jika singkong telah matang maka bisa ditiriskan hingga dingin dan dimasukkan pada wadah yang bersih. Lapisan bawah dari wadah merupakan daun pisang yang sebelumnya sudah ditaburi dengan ragi. Setelah itu komponen atas singkong juga taburi lagi menerapkan ragi dan sepatutnya ditata rata. Barulah singkong diperbolehkan hingga 3 hari pada wadah yang tertutup.

Peuyeum memiliki rasa manis yang agak sedikit asam sehingga bisa memberikan sensasi yang segar bagi yang menyantapnya. Sebenarnya peuyeum tak selalu seharusnya dikenalkan secara segera, karena ada beraneka menu peuyeum yang amat inovatif seperti halnya bolu peuyeum, colenak, daun peuyeum goreng. Dengan demikian, tiap orang malahan tak akan bosan untuk mencicipi makanan khas Bandung. Jikalau akan pulang ke kampung halaman karenanya bisa membeli peuyeum oleh-oleh khas Bandung sebagai buah tangan untuk orang rumah.

Sumber :
https://silausurya.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar