Kamis, 30 Januari 2020

Menyempurnakan Bacaan Alquran Dengan Ilmu Tajwid


Dikala kecil mungkin kita rajin berangkat dan pergi ke madrasah untuk mempelajari ilmu agama. Tidak terkecuali ilmu tajwid. Tajwid yaitu ilmu yang berisi tata metode membaca Alquran yang bagus dan benar. Ilmu Tajwid Lengkap Syemzoel kata lain tajwid adalah pertanda dalam membaca ayat-ayat suci Alquran. Alquran memang berbeda dengan bacaan lainnya, dalam membaca Alquran diharuskan sesuai dengan tata tertib dan pertanda yang telah di tentukan, sekiranya tidak maka dapat merubah arti dan makna dalam bacaan tersebut.

Tajwid yang dipelajari selama ini yaitu sudah sebuah ketentuan yang tidak berubah sejak dahulu. Tajwid sudah ada sejak Alquran diturunkan, mungkin dahulunya ilmu ini tak dipelajari secara khusus karena memang dahulu orang-orang belajar Alquran secara segera terhadap ahlinya adalah Rasulullah SAW, tetapi sejak Rasulullah wafat ilmu yang berkaitan dengan Alquran dipelajari secara khusus agar umat Rasulullah tak salah dalam mempelajari dan memaknai tiap bacaan yang ada di dalam Alquran.

Di dalam bahasan ilmu tajwid terdapat beberapa regulasi bacaan yang mesti diamalkan tiap kali membaca ayat suci Alquran. Mengamalkan tajwid ialah komponen dari kesempurnaan dalam membaca Alquran. Regulasi bacaan yang ada di dalam tajwid berbeda-beda dengan beberapa ketentuan yang berbeda pula. Tertib yang ada hadir bukan untuk menyulitkan tetapi justru untuk mempermudah sebab sejatinya segala ilmu saat dipelajari semata-mata untuk mencari ridha Allah karenanya akan terasa gampang untuk dilaksanakan. Tata bacaan di dalam tajwid bukan cuma perihal tata sistem membaca saja, akan tetapi juga tentang bagaimana metode mengeluarkan atau membunyikan huruf agar cocok dengan yang diajar oleh Rasulullah.

Membaca Alquran memang tak boleh asal-asalan, sepatutnya layak dengan aturan dan ketentuan yang telah ada. Bila asal dalam membaca, justru dapat mengubah arti dan makna yang dapat saja arti hal yang demikian justru kebalikan dari arti yang hakekatnya. Tata bacaan dalam tajwid memang amat banyak, tetapi bila mempelajarinya dengan bersuka ria hari, karenanya tak akan terasa berat justru yang ada akan timbul rasa kenikmatan dan ketenangan yang mungkin saja tak didapatkan saat mempelajari hal lain di dunia ini.

Mempelajari tajwid betapa pantasnya dijalankan bersama dengan orang-orang yang sudah profesional pada bidang tersebut. Ilmu tajwid bukanlah ilmu yang sulit untuk dipelajari namun juga bukanlah ilmu yang mudah untuk dipelajari. Kekeliruan dalam mempelajari ilmu ini tentunya akan berpengaruh cukup fatal, mungkin tidak merugikan orang lain, melainkan yang dipelajari yakni ilmu yang lantas terkait dengan Allah sehingga perlu keterhati-hatian dalam mempelajarinya. Selain itu, saat belajar bersama dengan orang yang sudah mengenal seluk beluk ilmu ini karenanya bila terjadi kesalahan dapat segera dikoreksi agar tidak terulang kembali dan justru menjadi lebih bagus lagi dalam membaca Alquran.

Sumber :
https://ilmu-tajwid-lengkap-syemzoel.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar