Selasa, 07 Januari 2020

Mengetahui Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama yang berarti Kebangkitan Cendekiawan Islam atau Kebangkitan Ulama (juga disingkat sebagai NU) yakni sebuah organisasi dari agama Islam terbesar di negara Indonesia. Organisasi hal yang demikian telah berdiri sejak 31 Januari 1926. NU bergerak di dalam bidang pendidikan, agama, sosial, serta ekonomi. Ada masanya ketika NU juga bergabung dalam bidang politik, namun kemudian NU memilih untuk mundur dan konsentrasi untuk mengurus bidang keagamaan dan pengajarannya.

Dibentuknya Nahdlatul Ulama juga salah satu wujud melestarikan tradisi keagamaan Islam yang sudah dianut oleh Nabi Muhammad SAW merupakan ajaran Ahlusunah wal Jamaah. Ditambah lagi, NU juga seperti organisasi-organisasi Indonesia lainnya yang lahir di jaman Penjajahan. NU juga pada dasarnya ialah salah satu usaha orang-orang Indonesia untuk melawan penjajah. NU juga berdiri atas kebutuhan umat-umat Islam di Indonesia. Demi memenuhi keperluan sosial dan pendidikan serta keagamaan, NU bahkan dibentuk untuk meningkatkan standar manusia umat-umat Islam. Karena penjajahan pula membikin kekangan kepada kultur orang Indonesia dan juga umat Islam. Orang-orang bahkan mulai membentuk organisasi untuk kebangkitan nasional.


https://sandalsantri.id/ yakni aliran Islam yang menganut mengerti Ahlusunah waljamaah. Mengerti tersebut ialah satu tipe pola pikir yang menganut jalan tengah diantara anutan ekstrem aqli atau rasionalis dengan para kaum ekstrim yang skripturalis atau naqli. Karenanya, sumber hukum agama bagi umat NU tentu bukan hanya Al-Qur\'an dan sunnah saja, namun juga ditambah kesanggupan nalar serta realitas empirik. Metode pikir tersebut dapat direferensikan dari pemikir pada jaman dahulu seperti Abu Mansur Al Maturidi dan Abu al-Hasan al-Asy\'ari dan. Mereka adalah pemikir yang berada pada bidang teologi atau Tauhid atau yang disebut juga dengan ketuhanan. Dalam bidang fiqih, NU lebih condong untuk meniru mazhab atau ajaran Imam Syafi\'I dan juga ada tiga madzhab lainnya dari Imam Maliki, Imam Hanbali, dan Imam Hanafi. Kecuali tersebut dapat diamati seperti yang digambar dalam lambang NU. Anda bisa memperhatikan yang berbintang empat di komponen bawah. Sistem itu, dalam bidang tasawuf, NU menggunakan sistem yang dioptimalkan oleh Syeikh Juneid al-Bagdadi dan Al-Ghazali. Beberapa tersebut menggabungkan dan mengintegrasikan antara syariat dengan tasawuf.

Banyak alasan yang menjadi latar belakang berdirinya Nahdlatul Ulama. di antaranya merupakan perkembangan dan pembaruan pemikiran Islam. Pembaruan dan perkembangan tersebut merupakan hal yang menginginkan pelarangan berjenis-jenis format amal-amal umat Sunni. Salah satu pemikiran yang menginginkan umat-umat Islam kembali terhadap mengerti Islam yang dikatakan “murni\". Salah satu caranya yaitu dengan melepaskan diri umat-umat Islam dari metode yang bermazhab.

Untuk para-para kiai pesantren, pembaruan dan perkembangan pemikiran agama tersebut tetap adalah sebuah keniscayaan, tetapi juga tak meninggalkan budaya-kultur agama dan keilmuan para ulama yang terdahulu. Apalagi ajaran yang masih relevan di kehidupan modern. Oleh sebab itu, Jam\'iyah Nahdlatul Ulama mendesak organisasi Nahdlatul Ulama untuk seketika didirikan.


referensi:
https://sandalsantri.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Santri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar