Rabu, 08 Januari 2020

Mengenal Gus Baha

KH. Ahmad Bahauddin Nursalim adalah ulama yang ahli di tafsir Al Quran. Ulama ini kian dikenal beserta sebutan Gus Baha. Ia merupakan anak dari seorang ulama termasyhur yang juga ialah ahli dalam bidang uraian Al Alquran yaitu KH. Nursalim Al hafizh. Ia berasal dari desa narukan, kecamatan kragan, kabupaten rembang Jawa tengah. Ia berasal dari satu buah keluarga yang merupakan pandai dalam uraian Al Quran.

Ia pandai dalam tafsir Al Quran yang mana hasil daripada sebuah pemeliharaan dari ayahnya yang juga ialah ahli dalam tafsir Al Quran. Ayahnya menganut anutan dari mbah arwani. Petuah ini lebih mengedepankan kesungguhan tentang makhorijul huruf & juga tajwid. Saat dia remaja ia sudah menutup Al Alquran.

Saat Gus Baha akil balig ia dititipkan ayahnya di sebuah saung yang bernama Al Anwar. Di pesantren ini ia sangat tersua cerdas kalau prestasi yang ditonjolkan yakni fan dalam kecakapan syariah meliputi hadist, fiqih dan pula tafsir. Ia saat berpunya di pesantren tersebu juga mengatamkan Al Quran karena hafalan shohih muslim yaitu rowi, matan, dan pula beserta sanadnya.
Image result for Gus baha

Selain mengatamkan bacaan lebih dari ia pula mengatamkan hafalan dari satu kitab Fathul mu’in & juga kitab gramatika arab meliputi alfiah ibnu malik dan imrithi. https://www.youtube.com/KalamUlamaOfficial yaitu menyimpan rekor penghafal bacaan tertinggi di pondok Al anwar pada masanya. Selain punya berbagai prestasi mengenai hafalannya, ia pula memiliki kemesraan lebih secara sang kiyai. Ia kerap di mengakui oleh kiyai beliau mengiringi dalam bervariasi macam acara.

Beliau merupakan seorang ulama yang mempunyai suatu kewajaran yang luar biasa. Hal ini dikarenakan ia dibesarkan dan diasuh dari keluarga yang sederhana. Walaupun ia hidup sederhana namun ia sesungguhnya bukan bermula dari titisan miskin. Ia bahkan berawal dari unik keluarga yang terkenal sugih raya di desa tersebu.

Gus Baha merupakan ulama yang ahli tafsir Al Alquran. Saat ini ia mengabdikan dirinya di satu lembaga uraian Al Quran universitas Islam Indonesia pada Yogyakarta dan sebagai hamba di suatu pengajian. Ia juga ditetapkan sebagai ahli tafsir Faqih sama dewan uraian nasional dikarenakan memiliki superioritas dalam penguasaan ayat ahkam dalam Al Quran.

referensi:
https://www.youtube.com/KalamUlamaOfficial
https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Bahauddin_Nursalim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar