Rabu, 29 Januari 2020

Liburan Komplit di Kota Solo


Solo ialah salah satu kota di daerah Jawa Tengah yang selalu menarik perhatian. Kota dengan keberagaman kultur ini memang masih sangat kental akan adat istiadat Jawanya. Lebih-lebih dengan adanya kesultanan menjadi energi tarik tersendiri dari Kota solo ini. Kota yang tenar dengan kebudayaan ini menjadi salah satu tujuan wisata terutamanya untuk liburan Senin dan kebudayaan. Solo dengan pelbagai hal menakjubkan didalamnya membuat kota kapabel menarik banyak pelancong dari beragam kota di seluruh negeri pun ada pula pelancong yang berasal dari luas Indonesia.

Untuk urusan adat istiadat, kota ini masih sangat kental dengan adat istiadat Jawanya. Dari mulai bahasa, tata krama, dan malah makanannya semuanya seakan berbeda dengan tempat Jawa tengah lainnya. Memang Jawa tengah itu unik, tiap-tiap sisinya mempunyai perbedaan yang dapat dibilang signifikan. Kebudayaan di tempat solo masih benar-benar dijunjung tinggi. Didaerah solo dan sekitarnya memang masih amat mudah dijumpai tempat-daerah berlatih kesenian khas Jawa yang mungkin di tempat lain sudah sulit untuk dijumpai. Di kota ini masih banyak kita mengamati anak-buah hati belajar kesenian tradisional terutamanya tari tradisionalnya.

Bukan hanya kesenian berupa tari dan musik kota solo juga familiar dengan hasil kerajinannya khususnya berupa kain batiknya. Kecuali pekalongan, batik solo juga adalah salah satu yang paling diminati dan memiliki poin jual tinggi di pasaran, Sehingga tak heran bila pemerintah ikut serta mendorong industri ini supaya mampu berkompetisi di pasar internasional sekaligus cakap menjadi warisan kebiasaan yang nantinya bisa senantiasa dinikmati oleh si kecil cucu kelak. Industri batik di kota Surakarta ini juga dapat menunjang perekonomian masyarakat, khususnya jikalau banyak wisatawan yang berkunjung lantas mampir untuk membeli batik atau sekadar untuk belajar membatik. Bukan hanya profit secara finansial yang didapat, tetapi melewati batik masyarakat autentik solo juga lebih dekat dengan para pendatang.

Terlepas dari kesenian dan kebiasaan yang dimiliki, kota ini juga mempunyai beberapa destinasi liburan favorit yang senantiasa ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya ialah keraton Surakarta. Seperti yang telah kita kenal bahwa solo yaitu salah satu daerah yang masih memiliki kesultanan dan keraton Surakarta menjadi salah satu ikon yang menarik dari kota ini. Keraton Surakarta atau keraton solo merupakan tempat bersejarah di kota hal yang demikian yang sudah berdiri sejak tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II. Keraton ini menjadi bukti nyata bahwa Indonesia memang bhineka tunggal ika, walaupun banyak perbedaan namun perbedaan hal yang demikian tidak seketika menimbulkan perpecahan. Nyatanya sekalipun Indonesia telah memiliki metode pemerintahan yang modern, keraton Surakarta dan mungkin keraton-keraton didaerah lain tak langsung dihilangkan seperti itu saja.

yang menarik lainnya dari kota ini yaitu makanannya. Banyak sekali tipe tipe makanan yang dapat dirasakan saat berkunjung di kota tersebut. Salah satu jenis makanan khas kota solo yang banyak diburu pelancong ataupun masyarakat setempat adalah nasi liwet. https://solo.co.id/ liwet ialah nasi putih yang disajikan diatas daun pisang yang memiliki lauk pauk. berupa sayur labu siyam dengan suwiran ayam dan telor rebus sanggup menggoyang lidah penikmatnya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar