Rabu, 13 November 2019

Peranan Supporter Sebagai Warna Laga Bola

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Permainan yang diisi sebelas orang ini berhasil menarik observasi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pejabat hingga masyarakat biasa, buah hati-si kecil sampai orang tua, pria maupun wanita semua tahu seputar permainan ini. Hal hal yang demikian tak mengherankan jika setiap pertandingan sepak bola senantiasa ramai dihadiri para supporter yang datang khusus untuk menunjang regu pujian mereka. Salah satu regu kesebelasan yang mempunyai banyak penyokong ialah kesebelasan asal Jakarta atau Persija. Mereka umum menyebut pendukungnya dengan nama The Jakmania.
Image result for football supporter
Sebagai mana diceritakan sebelumnya bahwa The Jakmania merupakan supporter bola dari kesebelasan Persija. Kumpulan penunjang ini tenar kompak dan solid. Dalam berjenis-jenis peluang mereka nampak memadati tribune walau laga dijalankan di luar kota Jakarta. Eksistensi mereka seakan menjadi nafas sendiri bagi pemain-pemain Persija, karena adanya mereka dapat menambah motivasi para pemain untuk lantas mengatasi perlombaan dengan nilai yang memuaskan.

Penyokong merupakan bagian dari laga. Tanpa adanya penyokong yang bersorak-sorak di tribune penonton, perlombaan akan terasa sepi dan tak berwarna. The Jak seakan pewarna di tribune setiap Persija mengerjakan lomba, bagus di dalam maupun luar kota. Baju orange kebanggaan dan lagu-lagu penuh semangat membuat lomba kian terasa hangat dan menyenangkan. Pertandingan berlangsung dengan penuh semangat akan lebih menyenangkan untuk dirasakan.

Adanya supporter membikin perlombaan menjadi lebih menarik dengan yel-yel dan jargon-jargon andalan yang tak henti dilantunkan selama pertandingan berlangsung. Tak dilalaikan kecuali menambah semangat, ketidakhadiran Persija Jakarta bisa membuat lawan menjadi ciut nyali. Sekiranya supporter yang hadir banyak dan ramai, tentu saja akan mempengaruhi mental dari sang lawan. Jikalau lawan tak siap, karenanya akan betul-betul mudah mengalami down sehingga dalam melakukan lomba menjadi tidak optimal.

Mengamati demikian itu pentingnya absensi supporter tak jarang para pengurus kesebelasan memberikan perhatian khusus terhadap para supporter, begitu pula dengan pemainnya yang sering kali memberikan fans sevice terhadap pendukungnya. Perhatian dari seluruh pihak terhadap supporter tentu akan membawa dampak baik bagi semua pihak. Pemain akan diuntungkan sebab akan mendapatkan pensupport yang solid dan loyal, padahal bagi pelaksana ketidakhadiran supporter seperti The Jakmania tentu akan memberikan profit finansial yang tinggi.

referensi:
http://thejakmania.me/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar