Rabu, 13 November 2019

Manfaat Batu Andesit Dalam Bidang Konstruksi

Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat batu andesit bagi kehidupan sehari-hari. Hampir segala batuan yang ada di bumi ini hakekatnya berasal dari sumber yang sama, ialah magma. Magma merupakan batuan cair yang memiliki suhu benar-benar panas dan lokasinya di bawah perut bumi pada komponen yang disebut dengan dapur magma. Sekiranya magma keluar dari perut bumi lewat letusan gunung berapi, karenanya berubah menjadi lava atau lahar sebab telah mengalami beberapa perubahan temperatur ataupun wujud.
Image result for batu andesit
Gunung berapi yang ada di Indonesia jumlahnya cukup banyak, sehingga memungkinkan banyaknya jenis batuan yang ada di negeri ini. Indonesia juga masuk ke dalam trek cincin api dunia dengan sebaran gunung yang tersebar merata terpenting di Pulau Jawa. https://www.sinergistone.com yang berharga bagi manusia, termasuk awal mula terbentuknya batuan.

Batuan andesit yaitu salah satu macam batu yang banyak terdapat di Indonesia. Kelompok batu yang satu ini mempunyai daya yang amat kuat sehingga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Pada bidang konstruksi, batu andesit banyak dimanfaatkan sebab energinya yang bisa diandalkan. Batuan andesit lazim dimanfaatkan untuk pembangunan jalan dan jembatan yang tentunya seharusnya memiliki kekuatan yang sungguh-sungguh ekstra.

Tapi tak seluruh batuan bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi sebab semestinya terlebih dahulu melalui serangkaian tes. Tak hanya manusia yang sepatutnya melewati percobaan supaya bisa lolos, melainkan batu juga wajib diuji dulu supaya nanti jalan ataupun jembatan yang diciptakan awet dan tahan kepada segala keadaan. Serangkaian tes ini berupa uji tekan untuk memastikan batu kuat dari berbagai jenis tekanan yang akan dialaminya. Uji tarik juga diperlukan untuk semakin mengokohkan mutu batu yang cocok diwujudkan sebagai bahan konstruksi. Terdapat juga serangkaian tes lainnya yang diperlukan supaya batu kian teruji kualitasnya.

Tidak cuma untuk kebutuhan konstruksi, batu andesit juga banyak diaplikasikan untuk kebutuhan dekorasi. Pecahan atau bongkahan dari batu ragam ini bisa dimanfaatkan sebagai penghias dinding rumah Anda sehingga tampak kian indah dan natural.

referensi:
https://www.sinergistone.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Andesit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar