Selasa, 15 Oktober 2019

Ulasan, Macam, & Kegunaan Resistor

Dibidang elektronik biasa adanya madah resistor atau hambatan. Resistor adalah unsur elektronik yang mempunyai prestise hambatan yang akan mengekang laju deraian listrik yang melaluinya. Resistor sering dibuat dari campuran benih karbon padahal ada pula yang dibuat dari kawat nikrom yang ada resistensi sempurna tinggi dan tahan pada arus terdaya. Satuan daripada resistor adalah Ohm, untuk resistansi listrik. Kali ini akan dibahas tersekat dengan jenis2 resistor & fungsi daripada resistor.

Saat ditemukannya resistor, ternyata resistor ada dua jenis. Pertama adalah resistor tetap yang memiliki ketahanan tetap & tidak akan berubah, apa yang sering dikenal sebagai dengan fixed resistor. Resistor ini menyimpan nilai usikan an-an tunak tidak akan sanggup diubah. Ke-2 adalah resistor tidak tetap yaitu resistor yang memiliki resistensi yang bisa diubah-ubah. Resistor tersebut sering dikenal dengan dengan resistor variabel. Tersedia beberapa rupa resistor variabel seperti halnya potensiometer, rheostat, & trimpot.

Temporer fungsi resistor adalah sebagai penghambat pada arus listrik. Unsur pereka dari resistor mempunyai lumayan elektron bebas apabila ditinjau secara mikroskopik. Hal itu mengakibatkan pergerakan elektron jadi lambat oleh karena itu harus dapat menunjukkan nilai lebih rendah apabila dipadankan rangkaian listrik yang tanpa resistor. Meskipun demikian bukan berguna tidak punya hambatan listrik, Karena pada dasarnya setiap pemimpin orkes mempunyai sistem hambatan meskipun nilainya nisbi kecil.

image
Resistor ini siap dihitung mempergunakan alat ukur tersendiri. Sebenarnya ada sejumlah teknik rekapitulas yang bisa dilakukan. Misalnya yang menyimpangkan mudah dengan multimeter \ yang disetel dalam tren Ohm, lantas ditempelkan saat kaki resistor. Cara lainnya yaitu secara multimeter analog yang cukup sulit interior menggunakannya sebab butuh keilmuan khusus untuk membaca timbangan multimeter. Di alat penghitungan ini, hendak muncul kurang lebih skala, dengan demikian tidak gampang untuk membacanya.

Itulah sekitar penjelasan terpesona dengan resistor yang ditemui pada jagat elektronika. Demi diketahui bahwa resistor adalah sesuatu yang bukan bisa terjeblos dari hal-hal yang bertemperamen elektronik seperti halnya listrik, karena resistor mempunyai fungsinya seorang diri.

referensi:
http://www.webstudi.site/2016/10/pengertian-resistor-dan-jenis-jenis.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Resistor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar