Minggu, 18 Agustus 2019

Bapak Negeri Sepanjang Masa

Tulisan kali ini bakal membahas menyerempet biografi Soekarno yang sebagai presiden mula-mula di Republik Indonesia itu. Bapak pendiri bangsa atau founding fathers menjadi terma yang independen disematkan kepada sosok satria kemerdekaan Nusantara. Walaupun sira telah lapuk wafat, namun jasa serta kharisma atas Presiden Soekarno masih terkenal hingga masa ini. Tak cuma dikagumi oleh rakyatnya yang ada dalam Indonesia, tapi tokoh-tokoh daripada luar zona pun benar mengagumi ragi presiden perdana Indonesia ini.
Image result for Soekarno
Ir. Soekarno atau popular juga beserta Bung Karno lahir pada Surabaya pada tahun 1901. Bung Karno lahir atas seorang ayah dengan profesi guru & ibu yang menjadi keturunan bangsawan pada Bali. Orang tua Bung Karno dipertemukan ketika ayah Bung Karno selagi bekerja dalam Bali. Mulai lahir nama asli Bung Karno adalah Kusno Sostrodihardjo namun sebab sering pedih makanya namanya menjadi bidis. Saat ini sira lebih tersohor dengan nama Soekarno dan semakin biasa hingga ke sekujur dunia.

Pak Soekarno yuwana kemudian diasuh oleh kakeknya di Tulung Agung dan sempat bersekolah di kian. Masa yuwana beliau bukan dihiasi beserta bermanja-manja dalam pangkuan orang tua. Ketika wali Bung Karno pindah di Mojokerto, sira ikut menyidik kepindahannya. Demikian pula dengan sekolahnya, menurut biografi Soekarno beliau menelaah di sekolah dasar turunan Belanda yang saat itu masih menjajah Indonesia. Menyetubuhi usia mulai dewasa, Bung Karno dititipkan ke H. O. S Cokroaminoto yang merupakan sahabat dari ayah Bung Karno.

Dalam tempat tinggal yang baru, Bung Karno tidak sedikit mendapatkan pelajaran dan pengalaman tentang sistem Islam. Sehabis beranjak dewasa beliau berkuliah di Institut Teknik yang ada pada Bandung, saat ini lebih dikenal dengan Yayasan Teknologi Bandung. Beliau memilih jurusan trik sipil & kemudian sehabis lulus molek temannya mulai mendesain bait dan konstruksi yang ada di Bandung. Berdasarkan biografi dari Soekarno, sepak terjang Bung Karno interior bidang strategi semakin menumpuk ketika memunculkan pembuatan partai.

biografi soekarno singkat sedari mencium memilikinya jiwa pendurhaka yang terselip pada diri Bung Karno sehingga tidak heran kalau beliau kolang-kaling masuk hotel prodeo dan diasingkan hingga Bengkulu. Di kian beliau mengasaskan perencanaan ketuanan Indonesia bertepatan Mohammad Hatta yang lalu memproklamasikan kewibawaan secara legal pada tercecer 17 Agustus 1945. Itulah ringkasan sempit biografi Soekarno.

referensi:
https://ceknricek.com/a/inilah-biografi-soekarno-secara-singkat-dan-lengkap-yang-perlu-anda-ketahui/8540
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar