Sabtu, 06 Juli 2019

Kebiasaan Aqiqah Di Daerah kekuasaan Klaten

Aqiqah merupakan satu buah pengurbanan seekor hewan yang diajarkan di dalam syariat Isam. Aqiqah dilakukan sebagai mereguk syukur bettor kepada Yang mahakuasa SWT buat kelahiran seorang bayi. Lantas aqiqah juga memiliki hukum sunah muakadah dimana yakni pendapat yang paling longgar dari penjelasan para jumhur ulama. Setiap daerah memiliki cara yang berbeda-beda di penyambutannya, namun tetap membawa inti dari aqiqah yang sama. Seperti di aqiqah Klaten, dimana di dalam aqiqah ityu masih diiringi dengan kebiasaan dan pranata setempat.

Image result for Aqiqah

Pada setiap orang tua jelas merasa bahagia dan pun bahagia untuk kelahiran sang buah hati. Oleh karena itu sebagai mengecap syukur kalian kepada Yang mahakuasa http://ismailaqiqah.com SWT, warga Klaten umumnya menggelar programa bersama dengan keluarga buntal dan juga masyarakat setempat. Biasanya titisan akan menyebar undangan untuk masyarakat sekitar, melakukan penyembelihan hewan, serta yang menyimpangkan penting yaitu inti daripada acara syukuran itu seorang diri seperti membacakan do’a untuk kelahiran yang buah hati.

Lantas untuk aqiqah itu otonom, kita harus memilih wedus yang segar dan pula terjaga kualitasnya. Lalu tuntutan terpenuhinya aqiqah yaitu secara menyembelih seekor kambing, tak membeli daging kambing. Oleh karena itu aqiqah Klaten biasanya lebih mengutamakan menunaikan ibadahnya lawan Allah SWT agar meraih ridho-Nya.


Beserta melaksanakan kebiasaan tersebut, tentunya diharapkan mudah-mudahan sang buah hati menjadi seorang generasi yang bisa berkembang dengan mahir dan juga memiliki budi pekerti yang bagus. Aqiqah dilakukan pada tarikh ke-7, ke-14, dan pula hari ke-21 setelah kelahiran sang buah hati. Jika keturunan yang dilahirkan seorang cowok maka diharuskan untuk merebahkan membantai dua termuda kambing. Berbeda dengan jika anaknya perempuan oleh sebab itu yang disembelih satu termuda kambing.

Lalu sunah berbeda baik aqiqah didaerah berbeda maupun aqiqah Klaten, seluruhnya memiliki sunah yang sama. Berikut ini merupakan adat lain ketika melakukan aqiqah yaitu orang tua memberikan seri kepada si buah hati saat saat aqiqah, dan sungguh baiknya guna orang tua menyampaikan nama yang mengandung makna secara Islami. Lalu menyikat rambut balita, dan sunah lain yang sebaiknya dilakukan yaitu memberikan sedekah lawan masyarakat sekitar.

referensi:
http://ismailaqiqah.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Aqiqah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar