Selasa, 14 Mei 2019

Mengetahui Sosok Fenomenal Lukman Al-Hakim

Agama islam merupakan satu diantara agama yang rahmatallil alam semesta. Di mana kelahiran Agama islam ini membawa kedamaian di semua umat yang tersedia di wilayah. Berbagai siasat pelajaran yang ada di dalam Islam pula biar telah terangkum dengan sungguh ada khususnya terpesona masalah Nabi dan Utusan tuhan. Salah satu interogasi yang terkadang muncul merupakan Luqman Al-Hakim, siapakah dia?



Banyak orang yang mengira apabila yang namanya Lukman itu merupakan satu diantara nabi dan juga utusan tuhan. Seperti yang disebutkan sambil Syekh Ahmad Marzuqy dalam kitabnya Aqidah al-awwam menuturkan jika jumlah nabi ialah sebanyak 124 ribu dan jumlah utusan tuhan adalah 313. Sedangkan lukman, bukan termasuk ke dalam golongan nabi dan rasul.



Banyak sekali yang mempertanyakan terpesona Luqman Al-Hakim, siapakah dia?. Mayoritas ulama juga memiliki beragam penjelasan namun, pikir mayoritas luqman bukanlah seorang nabi atau rasul memisahkan hanyalah seorang ahli panduan karena sudah disebutkan di dalam Alquran bila luqman sudah diberikan panduan oleh Allah. Selain itu, beliau pun sangat kesohor dengan adanya nasihat yang menyebutkan untuk berbakti kepada kedua orang tua dan pula adanya restriksi untuk menggabungkan Allah.

Diantaranya yang disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam kitabnya Bidayah wa an-Nihayah dan juga dalam Uraian Luqman Al-Hakim, Siapakah dia? Ibnu Katsir beliau mereken, nama jenjang Luqman ialah Luqman bin Anqa bin Sadun yang memiliki bujang bernama Taran. Hal berikut juga cocok dengan ide As-Suhaili.

Tak hanya ini saja, karena menurut Syauqi Abu Khalil juga menyembulkan di dalam kitabnya Athlas ialah menyebutkan kalau Luqman ialah putra dari saudara cewek Ayyub ataupun menjadi ananda bibinya. Tapi, sebagian pendapat juga menyiarkan jika Luqman ini ribut hingga masa Nabi Daud As untuk diutus menjadi seorang rasul.

Pendapat yang hampir setara juga disebut oleh Rumpun Katsir serta juga mayoritas para ustaz terkait Luqman Al-Hakim, siapakah dia?. Luqman hanyalah sosok yang taat yang tidak menerima kenabian. Sehingga, identitas atau pertanyaan siapakah Luqman yang masih diperdebatkan ini alangkah baiknya untuk dikaji kian dalam cocok dengan petuah agama yang ada.

referensi:
http://www.jawab.site

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar