Jumat, 22 Februari 2019

Mengetahui Beraneka ragam Renungan Harian Umat Kristen

Kehidupan manusia seakan tidak bisa lepas dari pelbagai dilema yang pelik. Ada kalanya kita merasa gagal dalam melakukan hidup yang dimiliki. Berjenis-jenis tipe masalah ini tentu musti menjadi renungan tersendiri dalam kehidupan. Oleh karena itu, membaca bermacam jenis renungan pagi ataupun malam menjadi salah satu obat yang ampuh dalam mengatasi persoalan tersebut.

http://hendryferdinan.files.wordpress.com/2011/05/17-shorea-stenoptera.jpg?w=1000&h=

Bagi orang Kristen, renungan terbagi menjadi dua hal, ialah pagi ataupun malam. Meskipun memang tak selalu banyak orang yang melakukannya, namun umumnya renungan semacam ini dibawa di dalam doa masing-masing individu. Nah, dalam artikel ini kami akan mencoba mengulik bagaimana menjalankan renungan di masing-masing waktu tersebut.

6660000454761971318.jpg

Berjenis-jenis jenis renungan acap kali kali diberikan dalam bentuk buku kecil, biasanya dipersembahkan per hari dengan mengutip sejumlah kalimat dalam kitab suci. Kecuali itu, disajikan juga berjenis-jenis tipe kasus dan persoalan hidup yang musti direnungkan secara bijaksana. Dalam renungan pagi, pesan yang diperkenalkan lebih mengarah kepada semangat untuk melakukan aktivitas di hari tersebut.

Orang Kristen juga banyak yang mengenal tentang berbagai variasi renungan yang disampaikan pada malam hari. Renungan malam ini biasanya dipersembahkan pada ketika adanya perkumpulan tertentu, bahkan juga dapat dilakukan secara individu. Renungan ini dilakukan menjelang tidur dengan menyertakannya dalam doa masing-masing. apakah yang musti direnungkan? Tentu saja mengenai apa saja yang sudah dilakukan pada hari itu, kekeliruan apa yang sudah diperbuat, dan apa yang akan dilaksanakan pada esok hari.

Sejumlah renungan ini tidak hanya terbatas pada umur tertentu. Ada beragam variasi renungan yang bisa digunakan untuk anak, remaja, dan dewasa. Tentu saja bahasan yang disampaikan berbeda, bagus secara konten maupun bahasa. Ada pula renungan untuk keluarga yang sesekali dikenalkan oleh masing-masing keluarga dengan mengajak serta Renungan Pagi seluruh member keluarga untuk berkumpul dan berdoa sambil merenungkan pelbagai ragam hal yang terjadi pada hari itu.

Itulah beberapa informasi mengenai sejumlah renungan malam ataupun pagi yang dilaksanakan oleh banyak orang Kristen. Semoga berguna, shalom!

referensi:
https://renunganhariankristen.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kekristenan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar