Senin, 11 Februari 2019

Inilah Contoh Alat Peraga Pendidikan Bersahaja!

Bagi para pendidik murid yang berupa anak-anak berusia 3 sampai 6 tahun tentu memerlukan alat peraga pengajaran. Alat peraga ini dipakai untuk mempermudah guru dalam membeberkan Alat Peraga Pendidikan materi, terutamanya materi matematika atau hitung-hitungan. Materi hitung ketika tak memakai alat peraga akan menyebabkan buah hati-buah hati susah dalam mencernanya. Jangan pernah linglung saat mesti memilih alat peraga.

Pasalnya kini alat peraga malahan sudah dapat Anda buat sendiri, memakai bahan-bahan simpel. Untuk yang pertama yaitu tutup botol. Jadi tutup botol ini dapat Anda manfaatkan sebagai alat menghitung. Caranya pembuatannya mudah sekali, Anda hanya perlu memotong bagian tutup botol. Jadi Anda mempunyai komponen atas untuk menutup botol dan tutup botolnya. Carilah kardus bekas, kemudian tuliskan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian.

Di sebelah soal, Anda seharusnya merekatkan bagian atas tutup botol. Kemudian jangan lupa juga di atas tutup botol dituliskan hasil perhitungan. Sehingga nantinya si kecil akan dapat menyimpan tutup botol di sebelah soal yang telah disediakan. Untuk alat peraga pengajaran yang berikutnya ialah kertas. Pilihlah kertas berwarna yang sedikit tebal, misalnya yaitu kertas karton. Kemudian buatlah jari manusia dengan menerapkan kertas tersebut. Buatlah ke sepuluh jari manusia, kemudian tempelkan searah. 

Dalam merekatkan, Anda patut sediakan kertas karton putih. Tempelkan 10 jari di atas karton, kemudian di bawah jari-jarinya dituliskan soal perhitungan. Sesudah itu si kecil-si kecil akan bisa menghitung dengan bantuan ke-sepuluh jari yang sudah disediakan tadi. Alat peraga berikutnya terdapat pipa paralon. Mungkin Anda bingung, kenapa pipa paralon dapat dibuat alat peraga. Jadi carilah pipa paralon yang terdapat 3 bolongan. Setelah itu siapkan bola kecil dengan jumlah yang cukup banyak. 

6651509656588579860.jpg

Sesudah itu dikala Anda menanyakan soal penjumlahan, anak akan memasukkan bola dari paralon kanan dan kiri, kemudian hasilnya akan bisa dipandang dikala bolanya keluar dari paralon. Itulah beberapa teladan dari alat peraga pendidikan dari bahan-bahan sederhana. Apakah cuma itu saja? Tidak, tentu masih terdapat sebagian contoh alat peraga simpel lainnya yang bisa Anda gunakan. Jadi Anda sebagai guru si kecil-anak TK dan SD memang dituntut kreatif untuk menciptakan alat peraga yang gampang dipahami murid.

referensi:
http://www.canelectronic.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar