Jumat, 25 Januari 2019

Pertikaian Mendasar Tentang Haji Serta Umroh

Bagi umat Islam beribadah ke tanah suci yaitu sebuah hal yang benar-benar didambakan. Beribadah ke tanah Mekkah dalam agama Islam terdapat dua tipe merupakan Umroh dan Haji. Kedua macam ibadah tersebut hakekatnya mempunyai tata metode yang hampir sama, melainkan, terdapat sebagian perbedaan mendasar yang seharusnya dikenal oleh tiap kaum Muslim.

6650097414391193718.jpg

Dari segi pengertiannya, Haji yaitu ibadah yang dilaksanakan di tanah suci pada waktu yang sudah ditentukan dan serangkaian aktivitas yang juga sudah ditetapkan demi menerima ridha dari Allah SWT. Ibadah Haji yang merupakan salah satu dari rukun Islam menjadi sebuah indikator tentang kesempurnaan ibadah baik secara lahir ataupun batin. Walaupun arti Umroh sendiri adalah ibadah http://alisyahumroh.com/ciri-travel-umroh-terbaik-murah/ yang menuntut adanya pengorbanan harta. Bagi para ulama, Umroh adalah ibadah yang bersifat sunah dan cukup dilakukan sekali seumur hidup.

Dari segi hukum Haji dan Umroh, untuk ibadah Haji undang-undangnya merupakan wajib. Mesti disini tentunya tak memberatkan umat Muslim. Selama mereka cakap bagus secara fisik maupun materi untuk melakukan ibadah Haji, maka menjadi semestinya regulasinya. Meski untuk ibadah Umroh, regulasi ibadah Umroh adalah sunah yang dianjurkan.

Adapun persyaratan Umroh dan Haji itu sama. Untuk syarat keduanya yaitu orang yang akan melakukan ibadah Haji atau Umroh yaitu beragama Islam, kemudian orang tersebut patut berakal dan baligh. Artinya, orang hal yang demikian cakap membedakan antara yang bagus dan yang buruk. Kecuali itu, orang hal yang demikian juga merdeka atau tak dalam sebuah pengekangan atau sedang menjalani masa hukuman. Dan yang terakhir ialah orang tersebut sanggup baik secara fisik ataupun materi.

Dari segi rukun Umroh, karenanya ibadah Haji lebih memerlukan tenaga fisik yang kuat. Karena, kegiatan-kegiatan patut yang seharusnya dijalankan untuk kesempurnaan ibadah Haji lebih banyak apabila dibandingi dengan ibadah Umroh. Untuk ibadah Haji, peserta wajib melaksanakan perjalanan dari Arafah, Mina, dan Muzdalifah. Sedangkan ibadah Umroh hanya memerlukan di sekitar Ka’bah dan sekitar Masjidil Haram saja. Dengan beberapa perbedaan tersebut, tentunya Anda akan lebih mengenal perihal keutamaan ibadah Haji dan Umroh

referensi:
https://www.rukunumroh.web.id/2019/01/arti-umroh-hukum-syarat.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar